Sukses

Pertolongan Pertama bagi Penyandang Hemofilia Saat Kambuh

Seperti orang yang cedera sendi, penyandang Hemofilia juga bisa mengatasi pendarahan dengan RICE

Liputan6.com, Jakarta Seperti orang yang cedera sendi, penyandang Hemofilia juga bisa mengatasi pendarahan dengan RICE (Rest, Ice, Compression and Elevation).

Seperti disampaikan Prof. Dr. dr Djajadiman Gatot Amelia C, Sp. A (K) dari Divisi Hematology Onkologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK-UI RS Cipto Mangunkusumo, pendarahan pada penyandang Hemofilia paling sering pada sendi sehingga bila kondisi darurat, RICE bisa membantu.

"Rest (istirahat), Ice (kompres es) untuk mengurangi nyeri, Compression (menekan atau menutup bagian yang sakit) dan Elevation (ditinggikan). Setelah itu, tetap harus mendapat penanganan medis dalam waktu 2 jam," kata Djajadiman pada wartawan, ditulis (16/4/2015)

Djajadiman menambahkan, setelah mendapat pertongan pertama, pasien biasanya akan diberikan faktor pembekuan sesuai tipe Hemofilia A atau B (Faktor VIII dan IX).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini