Sukses

Bolehkah Anak Gunakan Pasta Gigi Dewasa?

Bolehkah anak menggunakan pasta gigi dewasa?

Liputan6.com, Jakarta Tak seperti anak lainnya yang menyukai sikat gigi dan pasta gigi berkarakter lucu. Sejumlah anak justru ingin menggunakan sikat gigi atau pasta gigi seperti orangtuanya. Lantas sebenarnya bolehkah anak melanjutkan kebiasaan ini?

Menanggapi hal tersebut, Founder Oktri Manesa Dental Clinic (OMDC), drg. Oktri Manesa mengatakan bahwa bila anak sudah bisa berkumur dia boleh menggunakan pasta gigi apa saja. Hanya saja untuk penggunaan sikat gigi memang baiknya menggunakan yang khusus bagi anak.

"Sebenarnya, pasta gigi apa saja tidak masalah. Pasta gigi bermacam rasa dan berkarakter itu dibuat agar anak lebih nyaman. Asalkan mengandung fluoride tidak masalah. Itu selera anak-anak untuk menumbuhkan semangat sikat gigi," jelas Oktri saat acara Formula Happy Teeth with OMDC di SD Islam Al-Azhar 2, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Sedangkan untuk penggunaan sikat gigi, kata Oktri, orangtua harus mengedukasi anak-anak kembali. Sebab sikat gigi yang diciptakan kecil untuk anak itu telah dibuat khusus menyesuaikan dengan giginya.

"Kenapa harus menggunakan sikat gigi anak? Ini harus diberi pengertian. Sebab gigi dan rahang mereka masih kecil sehingga kalau menggunakan sikat gigi yang besar atau bulu sikatnya seperti orang dewasa, nanti gusinya bisa rusak," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini