Sukses

Cegah Sembelit dengan Santap 5 Makanan Ini

Tak ingin sembelit, konsumsilah lima makanan ini

Liputan6.com, Jakarta - Makanan tinggi serat harus dimasukkan ke dalam menu diet harian Anda jika tak ingin menderita sembelit. Sembelit atau kembung tidak hanya menyakitkan, tapi juga menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dan kulit.

Seorang Pakar Kesehatan dari India, Madhav S menganjurkan seseorang untuk mengonsumsi 26 gram serat setiap hari untuk melancarkan sistem pencernaan Anda.

Lantas, apa sajakah yang harus Anda konsumsi? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Times of India, Jumat (27/2/2015)

1. Biji-bijian

Oatmeal, bran, sereal merupakan sumber makanan kaya serat yang senantiasa menjaga tubuh tetap sehat dan aktif. Memulai hari dengan mengonsumsi makanan sehat ini merupakan pilihan tepat.

2. Apel

Sepotong apel sehari membantu Anda terhindar dari sembelit, dan membuat kulit tetap sehat dan indah.

3. Wortel

Menyantap sebatang wortel dalam keadaan mentah baik untuk sistem pencernaan Anda. Jika tak suka, Anda dapat memasaknya. Hanya saja, kadar serat di dalamnya sudah berkurang.

4. Kacang

Tidak hanya menambahkan jumlah serat di dalam tubuh, kacang juga mempertahankan sistem pencernaan tetap sehat. Konsumsilah kacang panggang, kacang polong, kacang garbanzo, dan kacang merah bila Anda ingin pencernaan tetap sehat.

5. Pir

Pir adalah salah satu buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi satu buah pir dengan kulitnya baik bagi tubuh, karena dapat membersihkan sistem pencernaan secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.