Sukses

Dua Kementerian Sepakat Sekolah Tempat Belajar Hidup Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Bila selama ini sekolah merupakan tempat bagi seorang anak untuk menimba ilmu dan bermain, ke depannya sekolah bakal dijadikan tempat pembelajaran untuk hidup sehat. Oleh karena itu Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbuddikdasmen) Republik Indonesia bergandeng tangan untuk mewujudkannya.

Saat mengadakan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K), Menbukddikdasmen Anies Baswedan PhD mengatakan bahwa keduanya sepakat untuk menjadikan sekolah sebagai tempat pembelajaran hidup sehat.

"Kita membicarakan bagaimana pendidikan itu termasuk di antaranya mendidik masyarakat untuk hidup sehat," Kata Anies di Kantor Menbuddikdasmen, Jakarta, (27/1/2015)

Anies mengatakan bahwa kesehatan itu penting dan memiliki pengaruh besar terhadap pendidikan. Maka itu, pihaknya menyatakan bahwa mulai tahun ajaran baru mendatang, revolusi mental dalam kehidupan sekolah harus diterapkan.

Ada pun yang dibahas oleh Anies dan Nila Moelek adalah bagaimana unit kesehatan sekolah (UKS), guru, dan siswa berperan untuk mewujudkan rencana ini. "Kita bicarakan tadi soal unit kesehatan sekolah, kita bicarakan juga soal hidup sehat untuk guru kemudian untuk anak-anak lalu juga kita bicara soal bagaimana mengelola sekolah menengah kejuruan yang menyangkut kesehatan," kata Anies menambahkan.

Selaras dengan hal tersebut, Menkes RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) menuturkan pentingnya perilaku sehat di sekolah didasarkan atas pemikiran bahwa anak-anak sejak pagi hingga siang atau bahkan sore hari, lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah.

“Padahal, setiap tiga jam seharusnya anak-anak mendapatkan intake makanan. Itu sederhana sebenarnya, tetapi penting sekali.  Selain itu, antara pagi hingga sore anak-anak itu seringkali tidak melakukan gerakan fisik apalagi berolah raga”, kata Menkes.

Untuk itu, Menkes sangat mengharapkan agar peran UKS di sekolah dapat dihidupkan kembali. “Di dalam UKS itu ada kantin sehat, sanitasi air bersih. Setiap sekolah harusnya ada”, kata Menkes berharap

Loading