Sukses

Tips Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Inilah dia tips jaga kesehatan saat musim hujan!

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan masih akan terus mengguyur hingga bulan Februari. Penyakit seperti flu, malaria, atau demam berdarah dapat terus meningkat dengan kelembaban di musim ini. Lantas, bagaimana tips ampuh jaga kesehatan?

Di musim hujan ini, biasanya orang cenderung mengkonsumsi teh, kopi, atau semangkuk sup hangat. Mungkin cara ini cukup membantu untuk mengatasi bahaya dari virus, namun bagaimana menangkal serangan nyamuk?

Melansir dari laman KitchenPlatter, Senin (2/2/2015), mungkin 5 cara ini bisa membantu mengusir segala gangguan kesehatan di musim hujan. Inilah dia tips jaga kesehatan saat musim hujan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Saat Hujan 1-3

1. Selalu Membawa Perlengkapan Hujan

Jangan pernah tinggalkan payung atau jas hujan sebagai penangkal saat hujan akan mengguyur. Kita tak bisa hanya menyalahkan alam saja tanpa mengantisipasinya.

2. Hindari Makanan Kaki Lima

Orang-orang sangat senang `jajan` di musim hujan. Rasa lapar di musim ini bertambah berkali-kali lipat. Apabila Anda sangat tak kuasa menahan makanan berminyak seperti gorengan, lebih baik gantikan makanan dengan mengkonsumsi air mineral lebih baik. Hindari juga konsumsi minuman dingin, meskipun jus buah atau sayuran.

3. Hindari Menggaruk

Jika digigit nyamuk, hindari sebisa mungkin untuk menggaruk bagian tersebut. Sebab, hal ini akan membuat virus masuk melalui hidung, mulut, dan bagian tubuh lain yang bisa disentuh. Jika gigitan nyamuk terlihat mencurigakan, segera konsultasi dengan dokter.

3 dari 3 halaman

Tips Saat Hujan 4-5

4. Periksa `Rumah` Nyamuk

Genangan air di musim hujan meningkat lebih tajam sehingga potensi berkembang biaknya nyamuk pun akan semakin meningkat. Buang atau bersihkan sebisa mungkin daerah di rumah tang mengandung air seperti pot bunga, akuarium, parit, atau area yang bogor.

5. Minum Teh Herbal

Meminum teh herbal dapat mengantisipasi pertumbuhan bakteri jahat karena kandungan antibakteri. Hal ini menjadikan sistem imun Anda lebih kuat sehingga lebih bertahan dalam menangkal penyakit yang datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.