Sukses

Minyak Jagung Lebih Sehat Ketimbang Minyak Zaitun

Minyak jagung justru bisa menurunkan lipoprotein (LDL).

Liputan6.com, Jakarta Meski mengonsumsi makanan berminyak diklaim bisa meningkatkan kolesterol. Namun sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Lipidology menunjukkan banwa minyak jagung justru bisa menurunkan lipoprotein (LDL).

Studi acak yang dilakukan peneliti AS ini mengungkapkan bahwa minyak jagung bisa menurunkan LDL hampir 11 persen, jauh dibandingkan minyak zaitun extra virgin yang hanya 3,5 persen.

"Lima puluh empat pria dan wanita sehat berpartisipasi dalam studi ini. Mereka menerima empat sendok makan pada makanan yang sama setiap hari. Kami kemudian mengukur sampel darah puasa para peserta sebelum dan setelah makan," ungkap pemimpin peneliti Dr Kevin C Maki, seperti dikutip Foxnews, Minggu (1/2/2015).

Penulis penelitian juga mengatakan, minyak jagung lebih efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin karena memiliki jumlah sterol yang lebih besar. Sterol adalah zat yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak sayur yang biasanya dimanfaatkan dalam diet sehat untuk jantung.

Dibandingkan dengan zaitun extra virgin minyak 30 miligram sterol per porsi, minyak jagung mengandung sekitar 136 miligram sterol per porsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini