Sukses

BPOM Temukan Ada Rhodamin di Cabe Giling

Fakta mengejutkan ditemukan BPOM di tahun 2014. Salah satunya, ditemukan bahan berbahaya dalam panganan berupa boraks dan Rhodamin b.

Liputan6.com, Jakarta Fakta mengejutkan ditemukan Badan Pengawas Obat dan Makananan (BPOM) di tahun 2014. Salah satunya, ditemukan bahan berbahaya dalam panganan berupa boraks dan rhodamin b.

"Temuan kami ini harus masyarakat ketahui bahwa di pasar tidak hanya menjual makanan tapi juga bahan-bahan yang digunakan oleh pelaku usaha kecil yang mengandung bahan berbahaya," terang Kepala BPOM, Roy Sparingga, dalam penjabaran Kinerja 2014 dan Outlook 2015 BPOM di Kantor BPOM, Jakarta, pada Senin (12/1/2015).

Bahan-bahan yang dimaksud Sparingga berupa penambahan bahan berbahaya yaitu boraks pada soda kue, pemutih, dan pelunak daging. Selain itu, penyalahgunaan boraks dan Rhodamin B pada cabe giling sehingga berwarna merah.

Selain itu, BPOM pun menemukan selama tahun 2014, 10 pangan yang tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil sampling di pasar, yaitu:

1. Kerupuk dan keripik
2. Camilan dan jajanan pasar
3. Mie basah
4. Tahu
5. Pangan segar (ikan, ayam, daging, cumi, udang, kerang)
6. Pangan segar dikeringkan
7. Minuman seperti cendol, cincau, sirup dan sebagainya.
8. Terasi
9. Bakso
10. Agar dan jelly

Daftar makanan tidak memenuhi syarat yang tidak sedikit tersebut BPOM bergerak untuk segera diatasi.

"Pada tahun 2015 kita harap bisa menyelesaikan masalah ini," tandas Sparingga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini