Sukses

Usai Olahraga, Baiknya Minum Air Putih atau Susu?

Dibanding mengonsumsi minuman lain, ternyata minum susu setelah olahraga bisa membantu pemulihan yang efektif.

Liputan6.com, Jakarta Dibanding mengonsumsi minuman olahraga, ternyata minum susu setelah olahraga bisa membantu pemulihan yang efektif.

Diberitakan Foxnews, Jumat (9/1/2015), pernyataan tersebut merupakan hasil sebuah studi yang belum lama ini dipublikasikan dalam Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism.

Dalam penelitiannya, para ahli nutrisi mempelajari 15 pria yang bersepeda selama empat putaran di hari yang berbeda. Selesai olahraga, mereka diberi minuman yang berbeda yaitu susu sapi, susu kedelai, suplemen berbasis susu hingga minuman olahraga, Powerade.

"Kami menggunakan tes darah dan urine untuk mengukur hidrasi dan tingkat nutrisinya. Hasinya, kami menemukan bahwa semua produk berbasis susu bisa membantu pemulihan pascaolahraga," tulis peneliti.

Adapun air putih, penulis penelitian mencatat bahwa minum air putih setelah latihan dapat menyebabkan penurunan kadar natrium, berpotensi menyebabkan dehidrasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini