Sukses

6 Langkah Lawan Pilek

Pilek dapat menyerang siapa saja, tapi pilek dapat dilawan bila kita melakukan 6 cara di bawah in

Liputan6.com, Jakarta Pilek dan flu merupakan penyakit yang sama-sama menyerang saluran pernapasan. Tapi, penyebab dan gejala dari kedua kondisi ini berbeda.

Umumnya, pilek dimulai dengan tenggorokan yang sakit atau meradang, yang biasanya akan hilang begitu saja setelah satu sampai dua hari setelah terserang pilek.

Pilek dapat menyerang siapa saja, tapi pilek dapat dilawan bila kita melakukan 6 cara di bawah ini, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (31/12/2014)

1. Hangatkan hidung

Salah satu teori yang menyebabkan kita lebih cepat terserang pilek dan flu ketika musim dingin tiba adalah karena hidung kita relatif lebih dingin, yang dapat menurunkan ketahannya terhadap infeksi.

"Untuk itu, tempatkan syal di atas hidup agar tetap hangat," kata Profesor Ron Eccles dari Common Cold Research Centre di Cardiff University.

2. Hindari jabatan tangan

Penelitian terbaru dari University of Aberystwyth telah menunjukkan bahwa berjabat tangan mampu mentransfer 10 sampai 20 kali lebih banyak bakteri antara individu yang satu dan lainnya.

3. Kurangi konsumsi gula

Dari hasil studi yang dilakukan California Loma Linda University menemukan bahwa responden yang mengonsumsi 100 gram gula pasir, sel-sel kekebalan tubuh yang disebut dengan fagosit dikonsumsi oleh bakteri lebih sedikit dari biasanya.

4. Tidurlah selama delapan jam

Memiliki waktu tidur di malam hari kurang dari tujuh jam, tiga kali lebih mungkin untuk menderita pilek daripada seseorang yang tidur selama delapan jam.

Para peneliti dari Yale University di Amerika Serikat, mengatakan, kualitas tidur yang buruk di mana pasien merasa terganggu dan sering terbangun di tengah malam, akan mengganggu kerja dari gen kekebalan tubuh yang disebut dengan TLR-9

5. Duduklah jauh dari penderita pilek

Jika melihat ada seseorang yang mengalami batuk-batu tepat di depan Anda, lebih baik Anda segera berpindah posisi atau membuka jendela agar virus keluar dan terbang ke udara.

Penelitian menemukan, berada dalam satu mobil selama 90 menit dengan seseorang yang menderita pilek atau flu, kemungkinan untuk tertular akan semakin besar.

6. Cuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan menggunakan gel pembersih tangan ketika sedang berada di luar ruangan tidak mampu membunuh virus penyebab pilek dan flu. Maka itu, Ahli Kesehatan Lingkungan dari Hygiene Audit System, Dr. Lisa Ackerley, menyarankan, cucilah tangan dengan sabun dan air ketika berada di luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini