Sukses

5 Penyebab Seseorang Alami Koma

Koma dikategorikan sebagai darurat medis, dan tenaga medis harus segera mengambil tindakan untuk mempertahankan hidup pasien

Liputan6.com, Jakarta Kondisi koma atau tidak sadarkan diri dalam jangka waktu yang cukup lama sempat dialami oleh komedian Olga Syahputra. Koma dikategorikan sebagai darurat medis, dan tenaga medis harus segera mengambil tindakan untuk mempertahankan hidup dan fungsi otak pasien.

Selain Olga Syahputra, mantan juara Formula 1 Dunia, Michael Schumacher pun sempat mengalami koma, setelah mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu. Tapi kini secara perlahan, Michael Schumacher tersadar dari tidur panjangnya.

Di bawah terdapat sejumlah penyebab terjadinya koma, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (14/10/2014); 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trauma



1. Trauma

Cedera otak akibat kecelakaan atau tindak kekerasan dapat menyebabkan pembengkakan atau perdarahan di otak, dan berujung pada terjadinya koma.

2. Stroke

Pecahnya sel otak dapat menghalangi aliran darah ke otak, sehingga menebabkan koma.

3. Gula darah

Penderita diabetes dengan kondisi tinggi tingkat gula darah (hiperglikemia) atau tingkat gula darah yang rendah (hipoglikemia) dapat menyebabkan individu mengalami koma. Namun kondisi dapat dengan cepat ditangani saat gula darah pasien diperbaiki.

3 dari 3 halaman

Kurang oksigen



4. Kekurangan oksigen

Oksigen sangat diperlukan untuk fungsi otak, sehingga dalam banyak kasus orang yang diselamatkan akibat serangan jantung dapat mengalami koma, karena otaknya kekurangan oksigen selama beberapa waktu.

5. Infeksi

Infeksi seperti ensefalitis dan meningitis yang menyebabkan pembengkakan di otak atau tulang belakang dapat menyebabkan koma jika dalam keadaan parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.