Sukses

Saat Diare Harus Makan Apa?

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi dalam 24 jam pertama usai diare sangat penting untuk menghentikan masalah perut ini.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya pada saat diare, perut terasa tak nyaman. Untuk memasukkan makanan ke mulut pun rasanya enggan. Takut-takut malah membuat perut jadi makin tak nyaman dan harus bolak-balik lagi ke kamar mandi.

Pada saat diare memang terdapat beberapa makanan yang dapat memperburuk kondisi pencernaan. Oleh karena itu, penting memperhatikan makanan yang dimakan pada saat diare, terutama di 24 jam pertama, terang Peter Higgins, MD, PhD, asisten profesor gastroenterologi departemen penyakit dalam University of Michigan.

"Anda lebih baik makan-makan polos dan sederhana. Selain itu pilih yang teksturnya lunak seperti pisang, outmeal, nasi putih," tambahnya seperti dilansir Everyday Health, Selasa (16/9/2014).

Tak hanya tiga makanan itu, Anda pun diperkenankan pula untuk makan kentang rebus, roti panggang, cracker tawar, dan ayam panggang tanpa kulit dan lemak. Lalu, untuk membantu mengurangi diare, menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman prebiotik yang mengandung bakteri baik untuk usus, bisa mempersingkat serangan diare. Yoghurt salah satu contohnya.

Higgins pun mengingatkan untuk banyak minum karena diare menyebabkan cairan tubuh keluar lebih banyak. Selain air putih, konsumsi juga cairan dengan gula dan garam untuk terhindar dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini