Sukses

5 Manfaat Minum Susu Secara Rutin

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum susu akan didapat bila diminum secara rutin. Tidak perduli berapa pun usia individu, minum susu harus dijadikan kegiatan rutin, karena bermanfaat untuk tubuh.

Selain sumber kalsium dan vitamin D, susu memiliki banyak nutrisi seperti protein, kalium, vitamin A, dan B12 yang baik bagi kesehatan kita.

Di bawah ini, terdapat 4 manfaat minum susu bila dilakukan secara rutin, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (2/9/2014)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Menguatkan gigi



1. Menguatkan gigi

Susu mengandung kalsium, yodium, dan fosfor. Ketiga nutrisi ini memiliki peranan dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan gigi. Selain itu, protein dalam susu mampu membantu membentuk lapisan tipis di enamel gigi, yang nantinya akan melindungi dari gigi berlubang dan membusuk.

3 dari 6 halaman

Membantu membangun otot



2. Membantu membangun otot

Protein dalam segelas susu terdiri atas 80 persen kasen dan 20 persen whey. Itu berarti, tubuh akan mendapatkan kedua protein penting hanya dengan mengonsumsi susu.

Protein bersama dengan kalsium akan membantu membangun massa otot tubuh. Segelas susu setelah berolahraga, akan membantu membangun otot, dan membantu kita cepat pulih bila mengalami cedera otot.

4 dari 6 halaman

Kualitas tidur lebih baik


3. Kualitas tidur lebih baik

Segelas susu hangat menjadi `obat` bagi para orang tua untuk meningkatkan kualitas tidurnya. Hal ini terjadi, karena terdapat sejenis asam amino di dalam susu. Nantinya, asam amino ini bermanfaat untuk melemaskan otot-otot tegang dan menenangkan saraf sehingga membantu individu untuk tidur.

5 dari 6 halaman

Kulit lebih sehat



4. Kulit lebih sehat

Pernah dengar mandi susu? Tahukah Anda, pada zaman dulu raja dan ratu kuno di seluruh dunia memilih mandi susu untuk membuat kulit tampak halus dan bersinar?

Ternyata, susu mengandung asam amino yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Asam laktat dalam susu bertindak sebagai agen pengelupasan yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan lentur. 

6 dari 6 halaman

Menurunkan berat badan



5. Menurunkan berat badan

Sejumlah penelitian telah menunjukan, perempuan yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak akan kehilangan banyak bobot tubuhnya, dibandingkan perempuan yang malas untuk meminum susu secara rutin.

Susu juga akan membuat kita kenyang lebih lama.

Jadi, itulah manfaat susu yang akan didapat bila diminum secara rutin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS