Sukses

Tak Hanya Sehat, Rutin Makan Sayur Buat Bahagia

Mau lebih bahagia dan semangat jalani hidup? Rutin konsumsi buah dan sayur setiap hari kuncinya.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang mengelak bahwa makan buah dan sayur itu baik untuk tubuh. Mulai dari membuat metabolisme tubuh lancar, pencernaan baik, daya tahan tubuh bagus, hingga menyehatkan kulit. Kini diketahui bahwa kebiasaan hidup sehat dengan makan buah dan sayur selaras dengan kebahagiaan yang diperoleh.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Selandia Baru, makan buah dan sayur menyebabkan munculnya kesenangan dalam hidup usai mengonsumsi buah dan sayur selama berturut-turut 13 hari. Selain itu, muncul juga peningkatan rasa ingin tahu, kreativitas, emosi positif serta makin memiliki makna dan tujuan hidup.

Peneliti pun tak mengetahui hubungan langsung antara makan buah sayur terhadap kebahagiaan seseorang. Namun jika melihat dari kandungan buah dan sayur bisa didapatkan penjelasan keterkaitan kedua hal ini.

"Banyak buah dan sayur mengandung Vitamin C yang mendukung produksi hormon dopamin. Dopamin sendiri merupakan neurotransmiter yang membuat seseorang lebih termotivasi dan semangat jalani kehidupan," tutur peneliti dari University of Otago seperti yang dipublikasikan dalam British Journal of Health Psychology.

Selain itu, seperti dilansir Huffington Post, Rabu (20/8/2014) tingginya antioksidan dalam buah dan sayur juga terbukti membantu tubuh melindungi diri dari depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini