Sukses

4 Prinsip Jadi Orangtua Bijak

Meski ada banyak hal yang harus diperhatikan jadi orangtua bijak, lakukan paling tidak empat prinsip berikut.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya orangtua baru yang bingung bagaimana bertindak sebagai orangtua yang bijak. Mereka yang sudah bertahun-tahun menjalani peranan sebagai orangtua tidak sedikit yang masih bingung. Inginnya sih memberikan yang terbaik untuk sang buah hati tapi tidak ingin juga membuatnya jadi sosok yang tak mandiri.

Lakukan yang terbaik untuk kebaikan buah hati dengan empat prinsip berikut seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (12/8/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan terlalu baik

1. Libatkan diri dengan anak setiap hari
Meski kini, baik ayah dan ibu sama-sama bekerja. Luangkan waktu sebentar saja untuk aktif terlibat dalam kegiatan anak. Misalnya temani ia belajar atau mengerjakan PR, menemani membaca buku, atau sekedar menonton televisi bersama.

2. Jangan terlalu baik
Ini yang paling banyak jadi kebingungan orangtua. Penting untuk diingat bahwa terlalu baik kepada anak malah bisa jadi bencana bagi anak di kemudian hari.

3 dari 3 halaman

Konsisten jalani aturan

3. Perhatikan perilaku Anda
Saking sibuknya bekerja, mengurus pekerjaan rumah tangga, mengurus anak banyak orangtua yang lupa melakukan hal-hal sembrono. Ingat, anak memerhatikan dan bisa mencontoh kebiasaan buruk yang Anda lakukan.

4. Konsisten jalani aturan
Aturan yang telah orangtua lontarkan pantang untuk dilanggar. Karena hal ini memiliki dampak negatif pada anak, ia berpikir aturan bisa dilanggar kok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini