Sukses

5 Tarian Pelangsing Tubuh

Menari dianggap sebagai bentuk ekspresi fisik yang bahagia. Cara ini bisa membantu Anda dalam membentuk tubuh dan menurunkan berat badan.

Liputan6.com, New Delhi Menari atau berjoget dianggap sebagai bentuk ekspresi fisik yang bahagia. Cara ini juga bisa membantu Anda dalam membentuk tubuh.

Ada beberapa alasan untuk menari, salah satunya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Bila Anda bosan ke gym, cobalah melakukan tarian yang menyenangkan. Tentu saja pilih tarian yang bisa membantu menurunkan berat badan, seperti dilansir Health.India, Senin (5/5/2014):

1. Zumba

Anda tentu pernah mendengar tarian ini. Zumba pada dasarnya merupakan jenis tarian cepat yang bisa membantu tubuh lebih fleksibel. Menurut Instruktur Zumba, Janvi Doshi, Zumba merupakan tarian berirama lambat, menengah, dan cepat dengan lagu-lagu bernada cepat.

Ini bisa membantu menghilangkan lemak dengan diet yang tepat dan menurunkan berat badan. Zumba setiap hari selama 45 menit sudah cukup baik.

"Zumba membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan koordinasi, stamina, dan denyut jantung, serta latihan kardio yang baik untuk tubuh," kata Doshi.

Anda yang menderita masalah punggung dan lutut bisa melakukan Zumba dengan aman dan Anda tak harus benar-benar menjadi penari untuk mencoba latihan ini.

Biasanya, Zumba merupakan campuran dari berbagai bentuk tarian seperti salsa, meringue, hiphop, dan lain-lain.

2. Belly Dance

Tarian perut yang berasal dari Timur Tengah ini memesona dunia dengan gerakan dan lagu merdu. Gerakan panggul panas, pinggul yang berputar, serta gerakan perut berirama bisa membentuk tubuh Anda menjadi lebih menarik. Selain itu, tarian ini menjadi latihan kebugaran yang menyenangkan dan sensual.

Sulit dipercaya tapi benar, cara ini bisa membantu memperkuat otot inti perut Anda dan meredakan sakit punggung. Gerakan dari tarian ini melibatkan isolasi bagian tubuh, meningkatkan fleksibilitas otot, dan memperkuat tulang belakang dengan cara yang lembut.

Pertama kalinya banyak orang yang malu dengan mengekspose perutnya dan mengemetrakan pinggulnya. Tapi, setelah melewati beberapa kelas awal, ini menjadi menyenangkan dan membuat berkeringat.

3. Pole Dance

Banyak pihak yang memilih pole dance karena manfaat kebugarannya. Tarian ini sudah hits di dunia Barat, India, dan Indonesia. Instruktur Pole Dance di Mumbai, Shilpa Rane, mengatakan latihan kebugaran ini menekankan kekuatan, ketahanan, postur. Teknik latihan tersebut juga menggembirakan dan membuat Anda ingin melakukannya lagi.

Orang bertanya-tanya apakah yang bisa ditawarkan latihan di tiang. Ternyata ada banyak hal, termasuk membentuk otot di paha, meningkatkan fleksibilitas, dan postur tubuh, melepaskan hormon endorphin yang membuat Anda bahagaia serta energik.

4. Bokwa

Bokwa menggunakan kaki Anda untuk membentuk huruf atau angka saat melakukan kardio dengan musik. Ini menggabungkan unsur tarian Afrika, capoeira, kickboxing, light boxing, dan fancy step footwork, untuk memperkuat kaki dan pergelangan kaki. Anda tak hanya membakar 1.200 kalori, tapi juga otot tubuh bagian bawah.

Karena langka yang sederhana dan tak memerlukan banyak koreografi, ini juga bisa dilakukan oleh setiap orang dari segala usia termasuk anak-anak dan orang tua.

Musik yang digunakan seringkali lagu populer dan membuatnya menjadi jauh lebih menarik, merasa seperti tak berolahraga.

5. Capoeira

Capoeira merupakan seni bela diri yang menggabungkan gerakan tarian tradisional. Ini menentukan kecepatan, gaya, dan agresivitas capoeira.

"Ini tak seperti bentuk seni bela diri lainnya, yang menggabungkan musik, tarian, dan budaya. Pada saat yang sama memilih menahan diri dari tindakan yang bukankekerasan, namun memungkinkan seseorang individu membela dirinya," kata Instruktur Capoeira Reza Masa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.