Sukses

Alat Ini Bisa Buat Anak Berkursi Roda `Berjalan` Lagi

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penemuan seorang ibu bisa membuat anak di kursi roda berkesempatan berjalan. Alat tersebut ia ciptakan agar anaknya yang mengalami cerebral palsy bisa berjalan.

Sang penemu adalah Debby Elnatan dan dengan idenya tersebut anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik bisa `berjalan`.

Elnatan yang merupakan seorang terapis musik awalnya hanya ingin membantu putranya Rotem. Ia merancang harness yang memungkinkan Rotem berdiri tegak dengan bersandar ke dirinya, sehingga membiarkan orangtua dan anak sama-sama melangkah.

Elnatan mencari-cari agar ada perusahaan yang mau memproduksi massal. Dan bertemulah dengan `Upsee` yang memiliki catatan panjang dalam membuat peralatan untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Setelah uji cobanya sukses pada beberapa keluarga di Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada, produk Firefly Upsee diluncurkan secara global. "Sangat senang melihat produk ini tersedia untuk keluarga di seluruh dunia," kata Elnatan dalam pembukaan resmi di pabrik Leckey di Lisburn.

Elnatan ingat betul ketika dokter mengatakan anaknya yang berumur dua tahun ada masalah di kakinya. "Itu adalah hal yang sangat sulit bagi seorang ibu untuk mendengarnya. Saya mulai mengajaknya berjalan dari hari demi hari, yang merupakan tugas yang sangat berat bagi kami berdua," kata Elnatan.

Alat yang dibuat Elnatan tersebut berupa harness untuk anak yang melekat pada sabuk yang dikenakan orang dewasa, serta sandal khusus yang memungkinkan orangtua dan anak melangkah bersama-sama. Ini membuat tangan anak bebas bermain dengan tugas lainnya.

Maura McCrystal, ibu dari Jack (5) dari Draperstown di Irlandia Utara, menjadi salah satu orangtua di Inggris yang menggunakan produk itu untuk pertama kalinya.

"Melihat Jack bermain seperti anak lima tahun lainnya membuat saya sangat emosional. Jack dan saudara-saudaranya begitu menikmatinya," katanya seperti dilansir MailOnline, Rabu (26/3/2014).

Manajer penelitian klinis dan okupasi terapis Firefly Clare Canale mengatakan, produk ini bisa membantu keluarga di seluruh dunia.