Sukses

Perawatan untuk si Rambut Ikal

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut ikal alami sepertinya keistimewaan tersendiri, tidak sedikit orang yang menginginkan rambut ikal bergelombang saat pergi ke pesta. Namun untuk perawatannya, tiap jenis rambut ikal mempunyai cara tersendiri tergantung jenis rambutnya.


Berikut ini cara membuat rambut ikal tetap terjaga kebersihan dan kesehatanya, dikutip Naturallycurly, Rabu (5/3/2014):

1. Rambut Ikal Bervolume

Keistimewaan rambut jenis ini yakni tidak perlu terlalu sering membesihkan atau keramas seperti jenis rambut lainnya. Kalau yang lain bisa dua minggu kurang lebih tiga sampai empat kali, rambut ikal bervolume hanya butuh satu kali dalam seminggu.

Hal tersebut dilakukan agar kelembaban kulit kepala dan batang rambut tetap terjaga, jika memncuci setiap hari maka yang terjadi rambut akan menjadi kering. Pilihlah shampoo yang cocok untuk jenis rambut ini, tanyakan kepada ahlinya. Kondisioner juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

2. Ikal Medium Bergelombang

Ketika Anda melupakan waktu keramas, bukan menjadi hal yang mengkhawatirkan. Ikal medium bergelombang akan lebih terlihat bagus dan bertekstur dengan minyak alami atau sebum yang ada pada kulit kepala.


Untuk perawatan menggunakan bahan alami bisa memilih nanas untuk dijadikan sebagai masker. Gunakan air dingin saat keramas agar batang rambut dan akar rambut tetap terjaga kekuatannya. Saat keramas jangan lupa melakukan pijatan lembut.

3. Ikal Halus Bergelombang

Tekstur rambut halus membuat produksi sebum lebih banyak, untuk itu perlu perawatan cukup ekstra. Pilih produk perawatan yang cocok, jangan sungkan untuk bertanya kepada ahlinya karena bila salah memilih produk akan menimbulkan masalah baru untuk penampilan rambut Anda.


Jenis rambut ini sangat perlu pencucian setiap harinya, hal tersebut dilakukan agar rambut lebih berkilau. Pastikan juga untuk menggunakan kondisioner yang baik dan selalu menjaga kebersihan rambut jenis ini.