Sukses

Jemaah Haji Diimbau Kurangi Kegiatan 3 Hari Jelang Kepulangan

Tubuh jemaah haji yang lelah setidaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk kembali pulih.

Liputan6.com, Jeddah - Jemaah haji diminta mengurangi kegiatan tiga hari jelang kepulangan ke Tanah Air. Langkah ini demi mencegah kelelahan yang bisa mempengaruhi kesehatan saat akan kembali ke Indonesia.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Kesehatan Bandara Jeddah-Madinah Karmidjono Pontjo di Jeddah, Selasa (27/8/2019).

"Mohon untuk jemaah yang akan pulang sebaiknya minimal tiga hari sebelum jadwal kepulangan sudah tidak melakukan aktivitas yang berlebihan," jelas dia.

Dia berharap jemaah haji segera menyelesaikan rangkaian ibadah haji seperti umrah dan thawaf wada, bila mengetahui akan segera pulang ke Indonesia.

Usai itu, bila akan melakukan ibadah lainnya dan merasa fisik sudah dalam keadaan lelah sebaiknya tidak memaksakan diri. Tak harus ke Masjidil Haram, ibadah bisa dilakukan di masjid terdekat dari penginapan.

Dia menyebut, tubuh yang lelah setidaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk kembali pulih. "Me-recovery tubuh setelah pasca Mina itu minimal tiga hari," dia mencontohkan.

Sebab bila tubuh lelah bisa memicu berbagai penyakit kronis bawaan yang diidap jemaah haji. Seperti diabetes melitus, jantung, darah tinggi dan lainnya. 

Kondisi ini yang kerap ditemukan pada jemaah saat tiba di bandara jelang kepulangan. Bila ini terjadi maka jemaah harus masuk perawatan hingga kondisinya memungkinkan untuk dibawa ke Tanah Air.

Tercatat hingga kemarin, sudah ada 14 jemaah haji yan harus dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi. Dari jumlah ini, dua sudah diperbolehkan pulang. Meski kemudian masuk kembali satu orang yang diketahui saat sudah masuk ke dalam pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini