Sukses

Menag Lukman Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha dari Arafah

Liputan6.com, Arafah - Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat hari raya Idul Adha kepada umat Islam di Tanah Air.

Pada Minggu (11/8/2019) ini, umat Islam di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha.

"Kepada seluruh umat Muslim di Tanah Air saya menyampaikan selamat hari Raya Idul Adha mudah-mudahan kita mampu memaknai Idul Adha yang hakikatnya adalah Idul Qurban," kata dia di Padang Arafah.

Menag mengatakan Idul Adha adalah acara hari raya yang besar bagi umat Islam bahkan pada hakikatnya lebih besar dari Idul Fitri.

Haji adalah puncak dari ibadah secara keseluruhan dan semangat berkurban di dalamnya bisa dimaknai dengan baik oleh umat Islam.

"Semangat berkurban inilah mudah-mudahan mampu ditangkap oleh seluruh umat Islam Indonesia dan dunia karena hakikat berkurban itu adalah intinya kita mampu lebih mengedepankan orang lain daripada diri sendiri dan itu adalah esensi inti dari ajaran Islam," katanya.

2 dari 3 halaman

Kesadaran Berkurban

Ia menambahkan Islam mengajarkan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling mampu dan paling besar menebarkan kemaslahatan bagi sesama.

"Dan itu bisa dilakukan kalau kita punya kesadaran berkurban untuk lebih mementingkan orang lain daripada diri kita sendiri," katanya.

Lukman Hakim Saifuddin memimpin delegasi Amirul Hajj dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Ia bersama 13 tokoh ulama, perwakilan ormas Islam, dan instansi terkait memimpin misi haji Indonesia.

Jamaah Indonesia telah melangsungkan ibadah wukuf di Arafah pada Sabtu (10/2019). Wukuf rangkaian dari rukun haji.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bikin Melek, Sarapan Pagi dengan Satai Rica Bawang Khas Gorontalo
Artikel Selanjutnya
Lomba hingga Urunan Makanan, Ini Kisah Mahasiswa Doktoral RI di AS Rayakan Idul Adha