Sukses

Bekas Tempat Ngumpet Khadafi `Disulap` Jadi Taman Hiburan

Pihak pembangun sejauh ini sudah mulai melakukan pembersihan lokasi tempat ngumpet Khadafi seluas 2,5 mil persegi.

Bekas tempat ngumpet mantan diktator Libya, Moammar Khadafi, akan dihancurkan. Tempat itu rencananya akan 'disulap' menjadi taman hiburan.

Seperti dimuat dalam The Sun, Jumat (19/7/2013), pihak pengembang sejauh ini sudah mulai melakukan pembersihan lokasi tempat ngumpet Khadafi seluas 2,5 mil persegi di Kompleks Bab al-Azizya, yang juga menjadi lokasi terbunuhnya Khadafi.

"Lahan itu akan 'disulap' menjadi area hijau dan taman hiburan, sebagai tempat hiburan bagi keluarga di Libya," ujar Menteri Pariwisata Libya, Ikram Basha Imam.

"Pekerjaan untuk membersihkan puing-puing dari reruntuhan Bab al-Aziziya, yang merupakan titik hitam (tempat terlarang) di Tripoli dan menjadi sumber kekhawatiran bagi warga, telah dimulai," tambahnya.

Basha Imam juga mengungkapkan, 8 perusahaan swasta telah dikontrak untuk membangun kompleks baru itu. Sementara para penghuni liar yang menempati sekitar bekas bunker khadafi, akan dipindahkan ke lokasi lain.

Rumah Khadafi sebelumnya tak pernah terjamah oleh petugas keamanan selama masa pemerintahannya.

Dinding rumah yang diperkuat dengan beton dan dihiasi kawat berduri serta banyak senapan mesin, menjadi alasan rumahnya tak terjamah. Selain untuk memastikan keluarganya tetap tersembunyi dari perhatian publik.

Tempat itu hancur ketika dibom pesawat-pesawat tempur NATO pada Agustus 2011. Ia pun jatuh.

Selama musim gugur tahun lalu, para penjarah menggondol harta dari rumah mewah yang tak lagi ditempati itu. Barang-barang yang diambil termasuk TV layar datar, pakaian sutra buatan tangan dari Paris, dan sikat WC yang terbuat dari emas. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini