Sukses

Bisa Ditiru, Ini 7 Cara untuk Meningkatkan Mood Sepanjang Hari

Meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri setiap hari adalah suatu hal yang baik untuk kesehatan mental dan fisik selama beraktifitas.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat diri meskipun sebentar setiap hari dapat berdampak besar pada kesehatan mental, kata Janis Whitlock dari Cornell University. Ia adalah seorang psikolog perkembangan yang berbasis di Colorado, mempelajari kesehatan mental pada remaja dan orang dewasa

Ia telah menunjukkan cara membuat kesehatan mental Anda meningkatkan dan menjadikan mood (suasana hati) orang-orang jauh lebih baik.

Dilansir dari Science News, Kamis (16/4/2024) idenya adalah agar Gen Z dapat mengambil manfaat dari hal-hal yang ada dalam menu tersebut setiap hari, atau setidaknya saat mereka merasa stres.

"Sebenarnya cukup menyenangkan untuk membuat rekomendasi ini," kata Whitlock. Dia meminta remaja untuk memikirkan sejumlah hal yang dapat membuat mereka sedikit terhibur.

"Salah satu hal yang manis dan sulit dari masa remaja adalah mereka menyukai hal-hal yang besar," katanya.

Berikut ini adalah beberapa ide yang disarankan oleh para ahli untuk meningkatkan suasana hati Anda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berolahraga

Berjalan, berlari, berlompat, bermain dengan anjing atau menari sendirian di kamar bisa menjadi alternatif cara untuk berolahraga. Apa pun itu, bangun dan bergerak dapat menjadi cara yang bagus untuk “mengatur ulang otak.”

Penelitian menunjukan bahwa olahraga setiap hari dapat meningkatkan suasana hati, mencegah depresi, dan membantu mengatasi kecemasan dan kemarahan. Bahkan, olahraga juga dapat mengubah struktur otak dan meningkatkan daya ingat Anda.

Berolahraga selama 15 menit saja sudah baik untuk menjaga tubuh dan juga dapat mencegah Anda terkena darah tinggi dan memperpanjang usia hidup Anda.

2. Membuat Karya Seni

Anda dapat berkreasi secara bebas, atau bahkan menggunakan buku mewarnai untuk orang dewasa.

Anda bisa mengisi mAndala jika mulai merasa gelisah atau stres, membuat karya seni dapat menjadi cara yang menenangkan untuk menyibukkan tangan dan pikiran Anda.

“Sediakan kertas dan perlengkapan seni di samping Anda,” kata Whitlock.

Kemudian, ketika Anda mulai merasa tidak enak atau seperti sedang mengalami penurunan, “ambil pena dan kertas,” atau mungkin cat atau arang. Gunakan media ini alih alih meraih ponsel Anda untuk mencoba menenangkan suasana hati Anda dengan media sosial, karena terlalu sering bermain sosial media bisa menjadi bumerang bagi diri Anda.

3. Mendengarkan Lagu

Buatlah daftar putar 10 lagu yang membuat Anda bahagia dan dengarkanlah. “Pilihlah lagu-lagu yang menenangkan atau membuat Anda bersemangat,” kata Whitlock. Dengan menemukan lagu-lagu favorit Anda dan menyadari bagaimana Anda bereaksi terhadap lagu-lagu tersebut “itu bisa menjadi bagian dari menumbuhkan kesadaran diri.”

Mendengarkan musik dapat mengaktifkan berbagai bagian otak Anda, penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan mood Anda. Ada juga terapis yang membantu kliennya dengan mendengarkan atau bahkan membuat musik.

3 dari 4 halaman

4. Terhubung dengan Alam

Audrey Wang adalah seorang siswa sekolah menengah atas dan advokat kesehatan mental remaja. Menghabiskan waktu di alam adalah bagian dari praktik kesehatan dirinya. "Berhubungan dengan alam adalah sesuatu yang sangat saya sukai."

Sebuah tinjauan penelitian terhadap anak muda menemukan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan dapat mengurangi stres, membuat Anda lebih tangguh, meningkatkan kualitas hidup, dan bahkan membantu mengatasi gejala ADHD. 

5. Berlatih Membuat Jurnal

Banyak orang memasukkan jurnal dalam rutinitas perawatan diri mereka. "Saya sangat menikmati membuat jurnal dan merefleksikan semua pemikiran saya," kata Audrey.

"Saya pikir salah satu hal yang sangat keren adalah melihat kembali entri jurnal yang saya tulis mungkin tiga atau empat tahun yang lalu. Hal-hal yang dulu membuat saya sakit pada saat itu, sekarang sudah sangat kecil dan terasa jauh. Saya jauh lebih kuat dan lebih baik dari Audrey yang dulu, tiga atau empat tahun lalu."

4 dari 4 halaman

6. Buat Perawatan Diri yang Bersifat Sensorik

Munya Hayek adalah seorang psikiater anak dan remaja di Rumah Sakit McLean di Belmont, Mass. Dia meminta beberapa kliennya untuk membawa sebuah kotak kecil dan mengisinya dengan hal-hal yang dapat memicu kenangan indah.

Anda juga bisa "memasukkan beberapa minyak esensial yang Anda sukai. 

Dan mungkin sesuatu yang Anda suka rasakan dan sentuh.  Atau mungkin sebuah kenangan yang ingin Anda lihat." Kemudian, saat Anda merasa tidak nyaman atau cemas, bukalah kotak itu. Pilah-pilah apa yang telah Anda simpan. Hal ini, katanya, dapat menjadi "kotak alat sensorik untuk perawatan diri."

7.  Membaca Buku

Di era digital ini, buku-buku yang Anda pegang mungkin terasa seperti peninggalan masa lalu. Namun cerita, ide dan fakta yang mereka tawarkan tidak akan menghantam Anda dengan kecepatan tinggi yang biasa terjadi pada media digital. 

Anda dapat menikmati buku dengan santai, beristirahat sejenak ketika Anda membutuhkannya - dan mengabaikan berita-berita yang menegangkan dan tantangan media sosial. Imajinasi yang ditumbuhkan oleh buku saat Anda membayangkan orang dan tempat di tempat dan waktu yang jauh juga menstimulasi otak, mendorong perkembangan jalur saraf baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.