Sukses

Posisi Kasur dan Cara Tidur Jadi Rahasia Umur Panjang Warga Jepang

Rahasia orang Jepang memiliki umur panjang ternyata terletak pada penempatan kasus dan cara tidurnya.

Liputan6.com, Tokyo - Orang Jepang memiliki tradisi tidur di lantai sejak lama, dan ini bukan hanya karena tradisi atau keterbatasan ruang di ruang keluarga yang kecil.

Menariknya, praktik ini menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan.

Dikutip dari Brightside, Kamis (21/3/2024) Jepang yang terkenal dengan umur panjangnya warganya, telah menggugah rasa ingin tahu kita tentang alasan di balik kebiasaan tidur di lantai yang telah berusia berabad-abad ini.

1. Memungkinkan Menghemat Uang

Beralih ke floor bed bisa menjadi pilihan yang ramah anggaran. Biasanya, orang menghabiskan sekitar US$1.000 untuk membeli kasur.

Tetapi, jika Anda membuat pilihan yang salah atau perlu menggantinya, hal ini dapat memakan waktu dan biaya. Memilih tempat tidur lantai dapat menghemat ribuan dolar karena Anda tidak perlu berinvestasi pada rangka tempat tidur atau fondasi untuk menampung kasur Anda.

2. Meningkatkan Aliran Darah

Tidur di lantai dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini terjadi karena berat badan Anda terdistribusi secara merata sehingga mengurangi tekanan pada area tertentu di tubuh Anda.

Dengan tidur dalam posisi yang lebih alami, Anda dapat mencegah mati rasa dan kesemutan akibat sirkulasi yang buruk.

Misalnya, saat Anda tidur meringkuk, sirkulasi darah mungkin terganggu, sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan seperti pembekuan darah dan varises.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membantu Mengatasi Sakit Punggung

Memilih permukaan yang kokoh dan rata untuk tidur dapat meredakan nyeri punggung yang sudah berlangsung lama.

Meskipun kasur empuk mungkin terasa nyaman pada awalnya, seiring berjalannya waktu kasur tersebut dapat melorot, menyebabkan ketidaksejajaran tulang belakang dan ketidaknyamanan.

Para profesional medis bahkan menyarankan untuk menambahkan kayu lapis di bawah kasur empuk untuk menjaga dukungan yang tepat. Tidur di lantai memastikan tulang belakang Anda tetap sejajar dan mencegah tubuh Anda mengambil posisi yang tidak wajar saat Anda tidur.

 

3 dari 4 halaman

4. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Memastikan Anda tidur dalam posisi yang cukup menopang tulang belakang dapat sangat membantu menjaga postur tubuh yang baik sepanjang hari.

Transisi ke tidur di lantai dapat membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk, karena punggung yang bebas rasa sakit mengurangi kecenderungan untuk membungkuk.

 

4 dari 4 halaman

5. Membantu Bangun Sesuai Jadwal

Jika Anda sering merasa kesulitan untuk meninggalkan pelukan nyaman bantal dan bangun dari tempat tidur di pagi hari, Anda berada di jalan yang tepat.

Ini adalah perjuangan yang umum bagi banyak orang ketika alarm berbunyi, sering kali mereka tergoda untuk menekan tombol snooze berulang kali.

Namun, tidur di lantai dapat memberikan keseimbangan kenyamanan yang tidak membuat Anda tergoda untuk berlama-lama di tempat tidur sepanjang hari, sehingga memastikan Anda bangun dengan perasaan segar dan siap menghadapi hari yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.