Sukses

Kapal Tanker Korea Selatan Tenggelam di Jepang, 8 Awak WNI

Sembilan awak kapal telah ditemukan, di mana delapan di antaranya meninggal.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal tanker berbendera Korea Selatan Keoyoung Sun tenggelam di perairan Shimonoseki, Jepang, pada Rabu (20/3/2024). Terdapat sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di dalam kapal nahas tersebut.

"KJRI Osaka segera berkoordinasi dengan Japan Coast Guard (JCG) wilayah Kyusu dan didapat informasi awal sebagai berikut. Kapal tersebut membawa 11 awak yang terdiri atas delapan WNI, dua warga negara Korea Selatan, dan satu warga negara China," sebut Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) Judha Nugraha pada Rabu malam.

"Sembilan awak ditemukan, di mana delapan di antaranya meninggal. Kesembilan awak belum diketahui identitasnya. Dua awak lainnya masih belum ditemukan."

Lebih lanjut Judha menuturkan bahwa pencarian intensif masih terus dilakukan Japan Coast Guard (JGC).

"KJRI Osaka terus melakukan koordinasi dengan JCG dan pihak rumah sakit untuk proses pencarian dan identifikasi," ungkap Judha.

"Sementara itu, Kemlu berupaya menghubungi keluarga di Indonesia untuk informasikan musibah ini dan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk memastikan hak-hak para WNI terlindungi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini