Sukses

Ribuan Orang Turun ke Jalan, Unjuk Rasa Pro-Palestina di London

Ribuan pengunjuk rasa berbaris di pusat kota London pada hari Sabtu 9 Maret 2024 untuk menyerukan gencatan senjata di Gaza di tengah pemboman yang sedang berlangsung oleh Israel, setelah serangan mematikan Hamas di wilayahnya pada 7 Oktober 2023.

Liputan6.com, London - Ribuan pengunjuk rasa berbaris di pusat kota London pada hari Sabtu 9 Maret 2024 untuk menyerukan gencatan senjata di Gaza di tengah pemboman yang sedang berlangsung oleh Israel, setelah serangan mematikan Hamas di wilayahnya pada 7 Oktober 2023.

Pawai rutin yang memprotes tanggapan militer Israel terhadap serangan tersebut telah menyebabkan puluhan orang ditangkap karena nyanyian dan spanduk anti-Semit, mempromosikan organisasi terlarang dan menyerang pekerja darurat.

Demonstrasi yang dimulai dari Hyde Park Corner hingga Kedutaan Besar AS ini merupakan demonstrasi besar kelima sepanjang tahun ini di ibu kota.

"Kami akan terus melakukan protes sampai gencatan senjata diumumkan, dan sampai berakhirnya keterlibatan Inggris dalam penindasan Israel terhadap rakyat Palestina selama puluhan tahun," kata penyelenggara demonstrasi, Ben Jamal, menjelang protes seperti dikutip dari AFP, Minggu (10/4/2024).

Pekan lalu Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyerukan polisi untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap para pengunjuk rasa, dengan mengatakan bahwa kejadian tersebut "telah berubah menjadi intimidasi, ancaman dan tindakan kekerasan yang direncanakan."

Perdana menteri mengatakan bahwa "polisi mempunyai tugas yang berat dalam mengawasi protes" tetapi "kita harus menarik garis batas."

“Saya katakan ini kepada polisi, kami akan mendukung Anda ketika Anda mengambil tindakan," tambah Rishi Sunak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Protes

Itai Galmudy, penyelenggara protes tandingan pada hari Sabtu, mengatakan demonstrasi pro-Palestina telah menciptakan "zona terlarang bagi orang-orang Yahudi" di ibu kota London dan "meningkat menjadi demonstrasi kebencian anti-Israel."

"Kami tidak akan menerima bahwa orang Yahudi tidak bisa turun ke jalan karena ada yang ingin melakukan protes. Kami rasa itu sudah cukup. Kami tidak ingin hidup dalam ketakutan dan kami tidak akan menerimanya," ucap Itai Galmudy.

Polisi Metropolitan London juga mengkritik protes tersebut, dengan mengatakan bahwa biaya untuk mengawasi peristiwa semacam itu telah mencapai £32,3 juta ($41 juta) sejak 7 Oktober.

"Kami jelas beroperasi dalam konteks di mana kami memahami komunitas Yahudi dan Muslim kami terus sangat khawatir terhadap kejahatan rasial anti-semit dan anti-Muslim serta rasa aman mereka sendiri di London," kata Karen Findlay, yang mengawasi kepolisian di London pada hari Sabtu (9/3).

Pada hari Jumat (8/3), sebuah kelompok protes pro-Palestina di Inggris mengatakan salah satu aktivisnya telah "merusak" potret lukisan Arthur Balfour, politikus Inggris yang deklarasinya membantu mengarah pada pembentukan Israel.

Polisi mengonfirmasi bahwa petugas telah menerima laporan online tentang kerusakan akibat tindak pidana pada sebuah lukisan di Trinity College Universitas Cambridge, di tenggara Inggris.

3 dari 4 halaman

Beredar Rekaman Perusakan Potret

Palestine Action, yang menggambarkan dirinya sebagai jaringan aksi langsung yang terdiri dari kelompok dan individu, memposting rekaman video online yang memperlihatkan aktivis tersebut menyemprot karya seni tersebut dengan cat merah dari kaleng dan kemudian menyayat permukaan lukisan berbingkai tersebut beberapa kali.

Deklarasi Balfour adalah surat sepanjang 67 kata pada tahun 1917 dari Menteri Luar Negeri Inggris saat itu kepada Lionel Rothschild, seorang Zionis Inggris terkemuka, yang mendukung pembentukan tanah air Yahudi di Palestina.

Dokumen tersebut dikreditkan karena pada akhirnya membantu memacu pembentukan Israel pada tahun 1948, yang juga menyebabkan sekitar 750.000 warga Palestina mengungsi dan perselisihan selama beberapa dekade antara kedua komunitas tersebut.

4 dari 4 halaman

Perang di Gaza Dimulai Sejak Serangan Balasan Israel

Perang di Gaza dimulai setelah Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan yang mengakibatkan sekitar 1.160 kematian, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Militan juga menyandera sekitar 250 orang. Israel yakin 99 dari mereka masih hidup di Gaza dan 31 orang telah meninggal.

Serangan balasan Israel telah menewaskan sedikitnya 30.717 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.