Sukses

Situs Geologi AS Catat Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang Pondaguitan Filipina

Situs Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa bumi mengguncang wilayah Pondaguitan, Filipina pada Jumat (8/3/2024) pukul 16.11 waktu setempat.

Liputan6.com, Pondaguitan - Situs Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa bumi mengguncang wilayah Pondaguitan, Filipina pada Jumat (8/3/2024) pukul 16.11 waktu setempat.

Gempa dengan magnitudo 6,0 ini terjadi pada titik koordinat 5.820°N 126.880°E di kedalaman 125 km dalam laut.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan laporan yang menyebut telah terjadi gempa di utara pulau Sulawesi.

“Gempa dirasakan dengan kekuatan magnitudo 6,0 pada 8 Maret 2024 pada pukul 16.11 WIB,” kata BMKG.

“Pusat gempa berada di laut 110 km Barat Laut Pulau Karatung.”

Gempa Filipina pada Januari 2024

Sebelumnya, pada Januari 2024 Filipina sempat diguncang gempa dengan kekuatan cukup besar.

"Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang lepas pantai Filipina selatan pada Selasa (9/1/2024)," kata Survei Geologi AS seperti dikutip dari dari AFP.

Menurut pihak berwenang setempat, sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Gempa terjadi pada kedalaman 70 kilometer (43 mil) sekitar 100 kilometer tenggara Kota Sarangani di lepas Pulau Mindanao, kata USGS.

Menurut Sistem Peringatan Tsunami AS dan badan seismologi Filipina, gempa tersebut tidak memicu peringatan tsunami.

"Atas karunia Tuhan, bencana ini tidak sekuat itu di provinsi kami," kata Sersan Utama Ian Roy Balandan dari kantor polisi Provinsi Sarangani di Mindanao.

Balandan mengatakan kepada AFP, belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan infrastruktur atau rumah akibat gempa Filipina terkini itu. "Itu sangat ringan. Orang-orang hampir tidak merasakannya," katanya.

Harly Sauro, seorang pejabat bencana di Kota Sarangani, sekelompok pulau kecil yang merupakan bagian dari Provinsi Davao Occidental, mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa, namun "mengganggu tidur beberapa orang".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Filipina Kerap Dilanda Gempa

Gempa bumi sering terjadi di Filipina, yang terletak di jalur Cincin Api Pasifik, sebuah busur aktivitas seismik dan vulkanik yang intens yang membentang dari Jepang hingga Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Kendati demikian sebagian besar gempa terlalu lemah untuk dirasakan manusia.

Desember 2023 lalu, gempa bumi Filipina dilaporkan terjadi di Mindanao. Berkekuatan Magnitudo 7,6 dan sempat memicu peringatan tsunami. Setidaknya tiga orang tewas dalam gempa ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.