Sukses

Imbas Perang Hamas Vs Israel: Starbucks Timur Tengah PHK 2.000 Karyawan

Starbucks merupakan salah satu merek yang menjadi sasaran boikot para pendukung Palestina dalam perang Israel Vs Hamas.

Liputan6.com, Dubai - Pemilik waralaba Starbucks di Timur Tengah mengatakan pada Selasa (5/3) bahwa mereka telah mulai memecat sekitar 2.000 pekerja di kedai kopinya di seluruh wilayah tersebut, setelah merek tersebut menjadi sasaran boikot para aktivis selama perang Israel Vs Hamas yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Alshaya Group yang berbasis di Kuwait, sebuah perusahaan keluarga swasta yang memegang hak waralaba untuk berbagai perusahaan Barat termasuk The Cheesecake Factory, H&M dan Shake Shack, mengeluarkan pernyataan yang mengakui pemecatan di lokasi mereka di Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Sebagai akibat dari kondisi perdagangan yang terus menantang selama enam bulan terakhir, kami telah mengambil keputusan yang menyedihkan dan sangat sulit untuk mengurangi jumlah rekan kerja di gerai Starbucks MENA kami," bunyi pernyataan tersebut, seperti dilansir CNA, Jumat (8/3/2024). 

Alshaya kemudian membenarkan pihaknya memecat sekitar 2.000 karyawan, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters. Banyak pekerjanya di negara-negara Teluk Arab adalah pekerja asing yang berasal dari negara-negara Asia.

Alshaya menjalankan sekitar 1.900 cabang Starbucks di sejumlah negara Timur Tengah termasuk Bahrain, Mesir, Yordania, Kuwait, Lebanon, Maroko, Oman, Qatar, Arab Saudi, Turki, dan Uni Emirat Arab. Perusahaan tersebut telah mempekerjakan lebih dari 19.000 staf, menurut perusahaan yang berbasis di Seattle. PHK ini mewakili lebih dari 10 persen stafnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sasaran Boikot Para Pendukung Palestina

Sejak awal perang pada tanggal 7 Oktober, Starbucks berada di samping merek-merek Barat lainnya yang menjadi sasaran para aktivis pro-Palestina karena perang tersebut. Perusahaan ini secara terang-terangan berusaha melawan apa yang digambarkannya sebagai "informasi palsu dan menyesatkan yang terus-menerus dibagikan tentang Starbucks" yang disebarkan secara online.

"Kami tidak punya agenda politik," kata Starbucks.

"Kami tidak menggunakan keuntungan kami untuk mendanai operasi pemerintah atau militer di mana pun – dan tidak pernah melakukannya."

3 dari 4 halaman

Upaya Starbucks Bersihkan Namanya

Pada Oktober, Starbucks menggugat Workers United, yang telah mengorganisir pekerja di setidaknya 370 toko Starbucks di AS atas pesan pro-Palestina yang diposting di akun media sosial serikat pekerja.

Starbucks mengatakan pihaknya berusaha membuat serikat pekerja tersebut berhenti menggunakan nama dan kemiripannya, karena postingan tersebut juga menuai protes dari para demonstran pro-Israel. Para pemboikot juga merasa perusahaan tersebut tidak memberikan dukungan yang memadai terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

4 dari 4 halaman

Keuntungan Starbucks Tak Sesuai Perkiraan

Pendapatan Starbucks naik 8 persen ke rekor USD9,43 miliar untuk periode Oktober hingga Desember. Namun angka tersebut lebih rendah dari perkiraan analis sebesar USD9,6 miliar, yang kemungkinan besar karena boikot aktivis.

Starbucks bukan satu-satunya merek yang menjadi sasaran para aktivis perang. Yang lain menyerukan boikot terhadap McDonald's setelah pemegang waralaba lokal di Israel mengumumkan pada bulan Oktober bahwa mereka menyediakan makanan gratis kepada tentara Israel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.