Sukses

Diiringi Alunan Angklung, Kedubes Inggris Galang Solidaritas Dukung Kebebasan Ukraina dari Invasi Rusia

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey menegaskan dukungannya kepada Ukraina di tengah invasi Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris kembali menegaskan dukungannya untuk Ukraina, di tengah invasi Rusia yang telah berlangsung selama dua tahun. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey.

"Memasuki tahun kedua Ukraina di tengah pemboman Ukraina, kita harus bekerja sama untuk menjamin perdamaian yang adil dan berkelanjutan," ujar Dominic dalam unggahan Kedutaan Besar Inggris di Indonesia @ukinindonesia, Jumat (23/2/2024) disertai 

"Menghormati dan mempertahankan integritas kedaulatan Ukraina dan piagam PBB juga sangat penting," lanjutnya.

Inggris dan Indonesia, sebut Dominic, telah memberikan suara untuk mengutuk agresi Rusia di Majelis Umum PBB.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by British Embassy Jakarta (@ukinindonesia)

"Saya bangga bahwa Indonesia dan Inggris, serta sebagian besar negara di dunia, bersatu dalam memberikan suara dalam resolusi ini dan dalam membela hukum internasional dan piagam PBB," tutur Dominic.

Dalam video tersebut, Dubes Dominic juga kembali menyinggung soal bantuan yang diberikan oleh Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, sebagai bentuk komitmen Inggris bagi Ukraina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Inggris untuk Ukraina

Pada Mei 2023, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melakukan kunjungan ke Inggris dan melakukan pertemuan dengan Sunak.

Dalam kesempatan itu, Inggris menyatakan akan memulai program pelatihan bagi pilot pesawat tempur Ukraina paling cepat musim panas ini.

Downing Street mengonfirmasi, pihaknya akan memberi Ukraina ratusan rudal pertahanan udara dan drone serang jarak jauh dengan jangkauan lebih dari 200 kilometer.

"Ini adalah momen penting dalam perlawanan Ukraina terhadap perang agresi mengerikan yang tidak mereka pilih atau provokasi," kata PM Sunak seperti dilansir AP.

3 dari 3 halaman

Respons Rusia

Inggris, yang merupakan salah satu sekutu militer utama Ukraina, sebelumnya telah memberikan bantuan berupa rudal jarak pendek, tank Challenger, dan melatih 15.000 tentara Ukraina di wilayahnya.

Pekan lalu, Inggris mengumumkan telah mengirimkan rudal jelajah Storm Shadow, yang memiliki jangkauan lebih dari 250 kilometer, ke Ukraina. Pengiriman persenjataan jarak jauh yang telah lama diincar Ukraina itu merupakan yang pertama dari sekutu Barat.

Merespons bantuan militer terbaru Inggris ke Ukraina, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Senin mengungkapkan keraguannya bahwa drone dan rudal akan secara drastis mengubah jalannya perang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini