Sukses

Commander, Anjing Joe Biden Gigit Pasukan Pengamanan Presiden AS 24 Kali

Sebuah sumber yang dekat dengan keluarga Joe Biden mengatakan bahwa keluarga orang nomor satu di Amerika Serikat itu merasa tidak enak dan sedih atas serentetan insiden gigitan oleh Commander.

Liputan6.com, Washington, DC - Commander Biden, anjing keluarga Presiden Joe Biden, menggigit personel Dinas Rahasia Amerika Serikat (AS) dalam setidaknya 24 insiden di Gedung Putih dan lokasi lainnya. Demikian menurut dokumen internal baru Dinas Rahasia AS.

Jumlah tersebut belum termasuk insiden tambahan yang yang melibatkan staf residen eksekutif dan pekerja Gedung Putih lainnya. Namun, dokumen baru tersebut, yang diperoleh melalui permintaan Freedom of Information Act, mengungkapkan sejauh mana situasi ini telah menjadi masalah serius di tempat kerja bagi ratusan staf yang mendukung operasi Gedung Putih dan bagaimana personel lembaga tersebut mengubah kebiasaan mereka agar tidak terluka oleh tindakan anjing ras German shepherd itu.

"Gigitan anjing baru-baru ini menantang kami untuk menyesuaikan taktik operasional kami ketika Commander hadir – mohon beri banyak ruang," tulis asisten agen khusus yang tidak disebutkan namanya yang bertanggung jawab atas Divisi Perlindungan Kepresidenan di Dinas Rahasia kepada tim mereka dalam via email pada Juni 2023, memperingatkan bahwa agen harus kreatif untuk memastikan keselamatan pribadi kita.

Peringatan itu datang beberapa bulan sebelum anjing tersebut dikeluarkan dari Gedung Putih.

CNN telah meninjau lebih dari 400 halaman dokumen, banyak di antaranya telah disunting secara besar-besaran untuk melindungi anonimitas personel Dinas Rahasia dan rincian operasional.

Insiden yang terdokumentasi termasuk anggota divisi berseragam Dinas Rahasia, anggota pasukan pelindung presiden, dan pejabat Dinas Rahasia lainnya. Aksi tersebut terjadi tidak hanya di dalam dan di luar Gedung Putih, namun juga di rumah keluarga Biden di Wilmington dan Pantai Rehoboth, Delaware, di Camp David, dan di Nantucket, Massachusetts, tempat keluarga Biden menghabiskan liburan Thanksgiving.

Sebuah sumber yang dekat dengan keluarga Biden mengatakan kepada CNN bahwa keluarga Biden merasa tidak enak dan sedih atas serentetan insiden gigitan oleh Commander.

"Mereka sedih karena hal ini. Mereka telah meminta maaf kepada korban ... membawakan bunga kepada beberapa orang. Mereka merasa tidak enak. Commander terlalu protektif dan meskipun mereka berusaha mengatasinya, mereka harus membiarkannya tinggal bersama anggota keluarga mereka yang lain," ungkap sumber itu, seperti dilansir CNN, Kamis (22/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Dikeluarkan dari Gedung Putih

Keluarga Biden disebut berulang kali mencoba menangani situasi, yang dimulai pada Oktober 2022 dengan insiden yang berlangsung selama setahun penuh. Commander sendiri bergabung dengan keluarga Biden saat masih kecil pada Desember 2021.

"Presiden dan ibu negara sangat peduli terhadap keselamatan mereka yang bekerja di Gedung Putih dan orang-orang yang melindungi mereka setiap hari. Meskipun ada pelatihan anjing tambahan, tali pengikat, bekerja dengan dokter hewan, dan berkonsultasi dengan ahli perilaku hewan, lingkungan Gedung Putih terbukti terlalu berat bagi Commander. Sejak musim gugur, dia tinggal bersama anggota keluarga lainnya," ungkap direktur komunikasi ibu negara Jill Biden, Elizabeth Alexander.

Juru bicara Dinas Rahasia Anthony Guglielmi pada Rabu menuturkan, "Insiden yang melibatkan Commander diperlakukan sebagai cedera di tempat kerja dan kejadian tersebut didokumentasikan sesuai dengan pedoman Dinas Rahasia dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS."

"Meskipun personel Dinas Rahasia tidak menangani atau merawat hewan peliharaan keluarga presiden, kami terus bekerja dengan semua entitas yang berlaku untuk meminimalkan dampak buruk dari hewan peliharaan keluarga."

3 dari 3 halaman

Sejumlah Insiden yang Tercatat

Pada 2 Oktober 2022, seorang agen Dinas Rahasia digigit di lengan saat menahan pintu tetap terbuka di area antara Sayap Barat dan kediaman presiden – sebuah insiden yang terdokumentasi yang melibatkan Biden.

"Commander dan POTUS memasuki Ruang Palm melalui Barisan Tiang Barat. Commander masuk lebih dulu, berputar ke belakang, dan meraih lengan kiri saya. Dia kemudian berdiri dan mundur. Dia benar-benar setinggi saya berdiri. POTUS masuk tak lama setelah dia mengikuti di belakangnya. POTUS masuk ke Palm Room dan berkata [dihapus]," demikian penjelasan seorang agen dalam dokumen internal Dinas Rahasia.

Agen yang sama mengemukakan kekhawatirannya tentang keselamatan di tempat kerja.

Pada 26 Oktober 2022, hampir terjadi insiden di halaman Gedung Putih. Commander menerjang untuk menggigit, namun gagal karena Jill mendapatkan kembali kendali atas tali pengikatnya. Serangan yang terjadi pada November 2022, memicu cedera pada lengan kanan dan paha kanan seorang petugas divisi berseragam, sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit.

Sumber menyatakan bahwa hubungan antara keluarga Biden dan Dinas Rahasia AS sempat tegang ketika anjing tua keluarga tersebut, Major, menyebabkan cedera pada agen Dinas Rahasia yang tidak disebutkan namanya pada tahun 2021 sebelum akhirnya dikirim secara permanen ke Delaware. Sekretaris pers Gedung Putih saat itu Jen Psaki hanya menyatakan bahwa Major menyebabkan cedera pada seseorang yang tidak disebutkan namanya.​

Dokumen-dokumen yang baru dirilis ini kemudian menggambarkan kejadian itu secara lebih rinci. Seorang agen mengisahkan bahwa Mayor datang dari sudut ruang resepsi diplomatik di Gedung Putih dan menyerang dia tanpa alasan. Personel yang bersangkutan mengaku ada biaya penggantian untuk jasnya dan menggarisbawahi insiden tersebut terjadi bukan karena kesalahannya sendiri.

"Saya tidak dapat menghindari keadaan yang tidak biasa ini karena sifat dan persyaratan posisi saya," ujarnya.

Insiden tersebut menyebabkan rusaknya kepercayaan, kata sebuah sumber yang mengetahui dinamika tersebut, yang terus berlanjut seiring dengan upaya para pelindung utama presiden untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.