Sukses

10 Hewan yang Terancam Punah Akibat Perubahan Iklim

Suhu yang memanas juga membuat ikan yang menjadi makanan utama penguin berkurang dan lebih sulit ditangkap.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan iklim telah menjadi isu global yang membawa dampak signifikan bagi seluruh makhluk hidup di Bumi, termasuk hewan. Kenaikan suhu, perubahan pola cuaca, dan kerusakan habitat akibat aktivitas manusia telah mendorong berbagai spesies hewan ke ambang kepunahan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut hewan terancam punah akibat perubahan iklim.

1.Penguin Adelie

Penguin Adelie memiliki nama Latin Pygoscelis Adeliae. Penguin ini adalah hewan asli Antartika.

Antartika adalah salah satu daerah yang paling terdampak pemanasan global. Suhu yang meningkat membuat es dan gletser di Antartika mencair dengan signifikan.

Hal ini membuat habitat Penguin Adelie menurun drastis. Selain itu, suhu yang memanas juga membuat ikan yang menjadi makanan utama penguin berkurang dan lebih sulit ditangkap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Staghorn Coral

2. Staghorn coral

Staghorn coral adalah terumbu karang yang populasinya turun drastis hingga 80 persen sejak 1970. Staghorn coral saat ini termasuk dalam kategori critically endangered dalam IUCN Red List.

Pemanasan global membuat terumbu karang kekurangan algae yang merupakan sumber nutrisi utamanya. Hal ini menyebabkan terumbu karang mengalami pemutihan atau bleaching.

Selain berdampak pada turunnya populasi terumbu karang, pemanasan global juga menurunkan populasi hewan lain yang hidup berdampingan dengan terumbu karang, seperti ikan badut dan penyu kecil.

3. Monarch butterfly

Monarch butterfly adalah salah satu jenis kupu-kupu yang ada di Indonesia dan terancam punah. Kupu-kupu ini terancam punah karena berkurangnya kemampuannya bermigrasi dari Amerika Utara ke daerah yang lebih dingin.

Kupu-kupu Monarch sama seperti kupu-kupu lainnya yang sangat sensitif terhadap cuaca dan iklim. Pemanasan global membuat kupu-kupu tidak bisa bermigrasi terlalu jauh.

Faktor lainnya, hilangan beberapa jenis tumbuhan sumber makanan utama kupu-kupu.

4. Koala

Koala adalah binatang khas Australia. Populasinya terus menurun karena pemanasan global.

Hal ini dipicu beberapa hal, seperti menurunnya nutrisi daun eukaliptus yang merupakan makanan utama koala. Penurunan nutrisi tersebut disebabkan karena tingginya karbon dioksida di atmosfer.

Udara yang semakin kering dan panas memicu kebakaran hutan. Hal ini membuat hewan-hewan yang hidup di hutan terpaksa terusir dari habitat aslinya.

Tempat baru bisa jadi tidak cocok untuk hidup binatang yang rentan seperti koala.

5. Beruang kutub

Beruang kutub memiliki nama Latin Ursus maritimus. Beruang kutub saat ini telah berstatus vulnerable di dalam IUCN Red List.

Hampir mirip dengan Penguin Adelie, beruang kutub terancam punah karena pemanasan global yang mengurangi habitat dan makanan mereka. Berkurangnya habitat dan makanan beruang kutub ini dibuktikan dengan kejadian 2019.

Saat itu, ditemukan beruang kutub di daerah pemukiman Rusia sedang mencari makan.

 

3 dari 4 halaman

Kupu-kupu Raja Meksiko

6. Kupu-kupu raja Meksiko

Selama bertahun-tahun, para pakar menemukan perubahan iklim ternyata mengubah dramatis kebiasaan kawin dan pola migrasi kupu-kupu raja Meksiko. Akibatnya, ada penurunan signifikan dalam populasi hewan tersebut.

Selain itu, kekeringan, embun beku, dan panas di seluruh benua membunuh tanaman milkweed yang menjadi sumber makanan kupu-kupu raja, dan mengurangi habitatnya.

7. Harimau Bengal

Habitat Harimau Bengal di India dan Bangladesh tepatnya di daerah Sundarbans terancam karena perubahan iklim. Peningkatan air laut pun mengancam habitat harimau bengal.

Selain itu, daerah habitat harimau jenis ini juga sering dihantam badai dan siklon. Pasalnya, air asing merusak tanaman dan menghilangkan sumber makanan hewan buruan harimau tersebut.

8. Burung puffin Atlantik

Burung puffin Atlantik merupakan salah satu hewan penghuni Islandia. Para pakar menemukan, kehidupan burung ini terancam oleh peningkatan suhu air laut.

Pasalnya, suhu air yang meningkat akan menghilangkan ikan yang menjadi sumber makanan mereka. Alhasil, burung puffin harus terbang lebih jauh untuk mencari makanan.

Selain peningkatan suhu air laut, burung puffin juga terancam karena polisi dan penangkapan ikan yang berlebihan.

 

4 dari 4 halaman

Kepiting Salju

9. Kepiting salju

Kepiting salju tumbuh subur di perairan dingin. Namun saat krisis iklim memanaskan lautan dan menyusutkan es laut, jumlahnya menurun drastis.

Populasi kepiting salju menyusut dari sekitar 8 miliar pada 2018 menjadi hanya 1 miliar pada 2021. Penurunan jumlah kepiting salju akan berdampak kepada seluruh ekosistem laut.

Serta memberikan pukulan berat bagi perikanan yang bergantung kepada kepiting tersebut.

10. Penyu Hijau

Jenis kelamin penyu tergantung dari temperatur pasir tempat telur menetas. Temperatur pasir yang lebih hangat akan cenderung menghasilkan penyu betina.

Menurut penelitian 2018, lebih dari 99 persen penyu muda yang ditemukan di pantai di bagian utara Great Barrier Reef, Australia adalah betina. Hal serupa ditemukan pada setiap penyu yang lahir di Florida AS dalam empat tahun terakhir.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.