Sukses

Pemilu 2024 di Indonesia Curi Perhatian Dunia, Sorot Pemilih Muda hingga Pilpres Saat Valentine

Momen pesta demokrasi Indonesia, Pemilu 2024 tak hanya ramai jadi perbincangan masyarakat Tanah Air, tapi ternyata juga jadi sorotan dunia. Sejumlah media asing dari berbagai penjuru negara turut memberitakan agenda tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 21 Tahun 2022, pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden (Pilpres) Indonesia ditetapkan pada Rabu, 14 Februari 2024. Hari ini, warga yang berada di Tanah Air berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan hak suara mereka.

Sementara untuk para warga negara Indonesia (WNI) atau pemilih di luar negeri, telah menggunakan hak suara mereka lebih dahulu. Sejumlah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah menggelar pemungutan suara sepekan lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan KPU.

Momen pesta demokrasi Indonesia, Pemilu 2024 tak hanya ramai jadi perbincangan masyarakat Tanah Air, tapi ternyata juga jadi sorotan dunia. Sejumlah media asing dari berbagai penjuru negara turut memberitakan agenda tersebut.

Media Inggris BBC menyorot ketiga calon presiden Indonesia melalui artikel berjudul "Indonesia election: Who are the presidential candidates?".

"Indonesia, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, akan mengadakan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari, yang merupakan pemilu keenam sejak negara ini keluar dari kediktatoran militer pada tahun 1990-an," tulis BBC.

Sementara itu, sejumlah media Amerika Serikat ternama seperti CNBC melalui tulisan "Millions in Indonesia head to the polls to elect Jokowi’s presidential successor". Menyorot Pilpres 2024 yang mengunggulkan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, 72 tahun, adalah kandidat terdepan dalam upaya terakhir mantan jenderal angkatan darat tersebut untuk mendapatkan jabatan politik tertinggi di negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia ini, menurut berbagai jajak pendapat menjelang pemilu tanggal 14 Februari. Jokowi mengalahkan Prabowo Subianto dalam dua pemilihan presiden terakhir," ulas CNBC.

Media Amerika Serikat lainnya, Associated Press (AP), melalui "What’s at stake in Indonesia, which is choosing a president and some 20,000 other office holders", menyorot bahwa Indonesia pada hari Rabu (14/2) membuka tempat pemungutan suara Pemilu 2024 di mana hampir 205 juta pemilih yang memenuhi syarat akan memilih presiden baru dan sekitar 20.000 pejabat publik lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sorot Pemilih Muda

Masih dari Amerika Serikat, media ternama CNN, turut menyorot para young voter (pemilih muda atau generasi muda) pada momen Pemilu 2024 di Indonesia melalui tulisan berjudul "The world’s largest single day election is underway. Young voters will be decisive".

"Tempat pemungutan suara dibuka di Indonesia pada hari Rabu dengan lebih dari 200 juta pemilih memberikan suara mereka untuk memilih presiden baru, yang disebut pemilu satu hari terbesar di dunia. Generasi muda Indonesia adalah kuncinya, di mana sekitar setengah dari pemilih terdaftar berusia di bawah 40 tahun," tulis CNN.

CNN menyebut para pemilih muda telah menekankan peluang kerja, pemberantasan kemiskinan dan korupsi sebagai tiga prioritas utama mereka dalam pemilu, menurut survei yang dilakukan pada bulan November 2023 oleh Lembaga Survei Indonesia dan ISEAS – Yusof Ishak Institute. Menciptakan lapangan kerja berkualitas tinggi dengan upah yang adil bergantung pada sistem pemerintahan Indonesia – di mana korupsi sering kali memikat investasi asing – menurut Maria Monica Wihardja, seorang ekonom dan peneliti tamu di institut tersebut.​

Lalu media AS New York Times, mengulas serba-serbi tentang Pemilu 2024 dengan artikel "What to Know About Indonesia’s Election".

Sementara itu, Media Timur Tengah Al Jazeera membuat edisi live update ajang Pemilu 2024 di Indonesia. "Indonesia election 2024 live: Voters to decide on successor to Joko Widodo", demikian tajuk yang dipilih menyorot pada kepemimpinan penerus pemimpin Indonesia saat ini.

 

3 dari 4 halaman

Pemilu Terbesar dalam Satu Hari

Media Inggris The Guardian tak ketinggalan memberitakan Pemilu 2024 melalui artikel bertajuk "Indonesia election: hundreds of millions go to the polls to vote for new president".

"Pemilu satu hari terbesar di dunia telah dimulai di Indonesia, dengan lebih dari 200 juta orang berhak memilih di seluruh nusantara dalam perlombaan yang akan menentukan siapa yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo," tulis The Guardian.

The Guardian menulis bahwa menurut International Foundation for Electoral Systems, skala pemilu di Indonesia ini lebih besar dibandingkan pemilu satu hari lainnya, dan merupakan tantangan logistik yang sangat besar. Dengan kotak suara telah dikirimkan ke lebih dari 820.000 tempat pemungutan suara di seluruh negeri, dengan perahu, helikopter, kereta yang ditarik sapi, dan berjalan kaki.

 

4 dari 4 halaman

Bertepatan dengan Pemilu

Dari Asia, melalui artikel "Indonesia election latest: Presidential candidates cast their votes", media Asia Nikkei membuat live blog soal pemilu di Indonesia. Salah satunya menyorot soal sejumlah TPS yang kebanjiran.

"Badan Mitigasi Bencana Daerah Jakarta mengatakan 34 TPS terendam banjir akibat hujan lebat pagi ini...," tulis media Jepang tersebut.

Media Negeri Jiran, Malaysia Kini dalam artikel kolomnya menyinggung Pemilu 2024 ini yang diadakan bertepatan dengan momen Valentine melalui tulisan berjudul "Indonesia’s Valentine polls".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.