Sukses

Ahli Genetika di Rusia Dipecat Usai Sebut Manusia Pernah Hidup sampai 900 Tahun Lantaran Minim Dosa

Kementerian Pendidikan dan Sains Rusia baru-baru ini memecat direktur Institut Genetika Umum Akademi Ilmu Pengetahuan di negaranya lantaran pernyataan kontroversial yang tidak sesuai dengan sains.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Sains Rusia baru-baru ini memecat direktur Institut Genetika Umum Akademi Ilmu Pengetahuan di negaranya lantaran pernyataan kontroversial yang tidak sesuai dengan sains.

Ahli genetika Alexander Kudryavtsev ditunjuk sebagai direktur Genetika Umum Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada Juni 2021 dan dijadwalkan untuk menjalankan mandatnya hingga tahun 2027.

Namun bulan lalu, Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia mengumumkan bahwa Kudryavtsev telah dibebastugaskan dari tugasnya dan diganti.

Pemecatannya langsung dikaitkan dengan serangkaian pernyataan kontroversial yang dibuat pada Maret tahun lalu pada Konferensi Ilmiah dan Teologi Internasional ke-3, dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (6/2/2024).

Ilmuwan Rusia tersebut menyatakan bahwa sebelum terjadinya air bah, manusia biasanya hidup hingga 900 tahun, namun umur mereka semakin pendek sejak saat itu karena “dosa, masalah leluhur, dan masalah pribadi.”

Saat berbicara pada konferensi tersebut, Alexander Kudryavtsev juga mengatakan bahwa dosa mempengaruhi genom manusia, membuat mereka lebih rentan terhadap dampak kesehatan yang negatif.

Ahli genetika tersebut menambahkan bahwa meskipun para ilmuwan atheis akan menyalahkan kerusakan genetik pada faktor-faktor seperti radiasi atau polusi, ia percaya bahwa hal tersebut disebabkan oleh dosa.

“Ini adalah jenis mutasi yang ditemukan oleh dokter genetika setiap hari ketika mereka menangani pasien…,” kata Kudryavtsev. “Ilmuwan atheis akan memberitahu Anda bahwa sebenarnya itu adalah radiasi, polusi, dan semua itu adalah efek mutagenik. Namun demikian, keyakinan pribadi saya adalah bahwa kehancuran tersebut dipicu oleh dosa asal, diperburuk oleh dosa leluhur, dan juga dosa pribadi.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diminta untuk Tak Berbuat Dosa

Ilmuwan kontroversial tersebut juga memperingatkan para pendengarnya untuk tidak berbuat dosa, karena hal ini dapat berdampak pada keturunan mereka juga hingga tujuh generasi.

“Saya ingin menekankan dampak berbahaya dari kebiasaan buruk atau yang disebut sebagai dosa,” katanya.

“Hal ini juga mempengaruhi genom. Jika mutasi terjadi di tubuh Anda, di gamet Anda, mutasi itu akan diturunkan ke keturunan Anda, dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Kesimpulannya sederhana: jika ingin mempunyai keturunan yang sehat, jangan mengembangkan kebiasaan buruk, jangan terjerumus dalam dosa.”

 

3 dari 3 halaman

Kini Posisinya Diperebutkan

Posisi Kudryavtsev sebagai direktur sebuah institut genetika bergengsi telah diperebutkan oleh banyak komunitas ilmiah Rusia selama hampir satu tahun.

“Tidak ada sisi ilmiah dari pernyataan Alexander Kudryavtsev. Yang ada hanyalah membaca Alkitab karena di situlah semuanya tertulis. Semua orang percaya tahu bahwa Tuhan menciptakan Bumi dalam tujuh hari, dan ini terjadi sekitar 6.000 tahun yang lalu,” kata Evgeniy Alexandrov, ketua Komisi Pemberantasan Ilmu Semu Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Tetapi ilmu pengetahuan telah membuat kemajuan besar sejak zaman Alkitab dan mengetahui berapa tahun Bumi telah ada ketika manusia muncul sebagai suatu spesies dan seterusnya. Dan ini sama sekali tidak sesuai dengan kisah-kisah mitologis dalam Alkitab.”

Alexander Kudryavtsev kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengklarifikasi bahwa pernyataan yang dibuat selama konferensi hanya mencerminkan keyakinan pribadinya dan tidak boleh dikaitkan dengan lembaga genetika yang dipimpinnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.