Sukses

Tentara Israel Klaim Temukan Terowongan di Bawah Rumah Komandan Hamas, Tempat 20 Sandera Ditawan

IDF atau tentara Israel klaim menemukan terowongan di bawah rumah komandan Hamas di Khan Younis tempat sekitar 20 orang disandera.

Liputan6.com, Gaza - Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel atau tentara Israel mengklaim menemukan terowongan di bawah rumah komandan Hamas di Khan Younis tempat sekitar 20 sandera disandera.

IDF kemudian merilis gambar yang diklaim menunjukkan bagian dalam terowongan di Khan Younis, Gaza selatan, tempat sandera Israel sebelumnya ditahan oleh Hamas.

Mengutip Times of Israel, Minggu (21/1/2024), Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan dalam konferensi pers pada Sabtu 20 Januari malam bahwa pintu masuk ke terowongan ditemukan di rumah seorang komandan Hamas. Dia mengatakan tentara melawan kelompok bersenjata Hamas di dalam terowongan, membunuh mereka. Terowongan itu berisi alat peledak dan pintu ledakan, katanya.

Hagari mengatakan bahwa satu kilometer di dalam dan sekitar 20 meter di bawah tanah, tentara Israel menemukan sebuah ruangan besar tempat para sandera sebelumnya ditahan.

Bagian dalam terowongan Hamas yang diklaim Israel di Khan Younis, Gaza selatan, tempat para sandera disandera. (Israel Defense Forces/IDF/Pasukan Pertahanan Israel)

Beberapa sandera yang ditahan di sana telah dibebaskan, kata Hagari, seraya mencatat bahwa tentara menemukan gambar yang dibuat oleh Emilia Aloni yang berusia lima tahun, yang dibebaskan pada November 2023.

Gambar yang dirilis oleh IDF pada 20 Januari 2024 ini menunjukkan bagian dalam terowongan Hamas di Khan Younis, Gaza selatan, tempat para sandera disandera. Ada lima sel tahanan, masing-masing dilengkapi dengan kasur dan toilet, tutur Hagari.

Menurut Hagari, sekitar 20 sandera ditahan di terowongan pada waktu yang berbeda.

"Menurut informasi yang kami miliki, di terowongan ini 20 sandera ditahan, pada waktu yang berbeda, dalam kondisi sulit tanpa sinar matahari, dengan udara pengap, sedikit oksigen, dan kelembapan buruk yang membuat sulit bernapas," kata Hagari.

"Beberapa dari mereka dibebaskan sekitar 50 hari yang lalu, dan yang lainnya ditahan di Gaza, mungkin dalam kondisi yang lebih buruk," tambah Hagari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan Israel Lainnya

Mengutip laporan Arab News, militer Israel mengatakan bahwa di Khan Younis, mereka menggerebek sebuah kompleks militer pada Sabtu 20 Januari 2023, menetralisir peluncur roket yang siap digunakan dan menemukan bahan peledak disembunyikan di bawah tanah sementara sebuah pesawat menyerang dua pria bersenjata di sana.

Saat malam tiba, warga mengatakan pesawat dan tank Israel mengintensifkan pemboman mereka di Jabalia di tepi utara Gaza, dan di Khan Younis dan Rafah di selatan. Lima orang tewas ketika serangan udara Israel menghantam sebuah rumah di Jabalia, kata pejabat kesehatan.

Di Rafah, petugas medis mengatakan empat orang tewas dan lainnya terluka ketika serangan udara Israel menghantam sebuah mobil di tengah kota Rafah. Militer Israel mengatakan sedang memeriksa laporan tersebut.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel telah menewaskan 165 orang dan melukai 280 lainnya dalam 24 jam terakhir, salah satu jumlah korban tewas terbesar dalam satu hari pada tahun 2024.

Badan ini tidak membedakan jumlah korban harian antara kombatan dan non-kombatan, namun sebagian besar dari 24.927 warga Palestina yang tewas sejak perang 7 Oktober dimulai adalah warga sipil, kata para pejabat kesehatan.

 

3 dari 3 halaman

Dari Gaza Pertempuran Meluas ke Damaskus Suriah

Pertempuran tidak hanya terjadi di Gaza. Serangan Israel di ibu kota Suriah, Damaskus, pada hari Sabtu menewaskan lima anggota Garda Revolusi Iran dan sejumlah tentara Suriah, kata Iran.

Di Lebanon selatan, serangan Israel pada hari Sabtu menewaskan dua anggota Hamas yang bepergian dengan mobil, kata tiga sumber keamanan di Lebanon kepada Reuters. Belum ada komentar langsung dari Hamas atau militer Israel.

Israel telah bersumpah untuk memusnahkan Hamas di Gaza setelah para pejuangnya menyerang Israel pada 7 Oktober, dan mengamuk di kota-kota dan pangkalan-pangkalan Israel yang menewaskan 1.200 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, dan menyeret 253 sandera kembali ke daerah kantong tersebut.

Israel mengatakan pasukannya sejauh ini telah membunuh sekitar 9.000 militan. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Kamis berjanji untuk melanjutkan perang sampai Hamas dikalahkan dan sandera yang tersisa dibebaskan.

Dalam lebih dari 100 hari peperangan, serangan udara, darat dan laut Israel telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza, menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya mengungsi, banyak dari mereka terpaksa harus berpindah berulang kali dan mencari perlindungan di tenda-tenda yang tidak banyak melindungi mereka dari cuaca buruk dan penyakit, menurut PBB.

Di Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina berlindung, Israel menyebarkan selebaran yang memperlihatkan foto 33 sandera, nama mereka ditulis dalam bahasa Arab, mendesak para pengungsi untuk melakukan kontak. "Apakah kamu ingin kembali ke rumah? Silakan menelepon jika Anda mengenali salah satu dari mereka," bunyi selebaran tersebut."Mereka meminta bantuan masyarakat karena mereka tidak bisa mendapatkan sandera mereka karena adanya perlawanan," kata Abu Ali, seorang warga Gaza utara. "Akhiri perang, Netanyahu, dan kembalikan rakyatmu," katanya kepada Reuters.

Lebih dari 100 sandera yang ditangkap oleh Hamas dibebaskan dalam gencatan senjata yang berumur pendek pada November 2023. Israel mengatakan 132 orang masih berada di Gaza, 27 di antaranya tewas di penahanan.

Di Israel, keluarga sandera berkemah di luar kediaman Netanyahu di kota pesisir Kaisarea. "Dia harus memilih satu (kesepakatan) dan mengakhiri kisah penyanderaan," kata Eli Stivi, yang putranya, Idan, ditahan tanpa komunikasi di Gaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.