Sukses

13 Januari 1999: Pebasket Michael Jordan Pensiun untuk Kedua Kalinya

Pebasket Michael Jordan pernah mengumumkan pensiun dari lapangan sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 1993, 1999, dan 2003.

Liputan6.com, Washington - Para penggemar olahraga basket tentu tak asing dengan apa yang terjadi hari ini, 25 tahun yang lalu.

Bintang National Basketball Association (NBA), Michael Jordan dari Chicago Bulls, mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia basket profesional untuk kedua kalinya. Pengumuman mengejutkan ini disampaikannya di depan penonton di arena United Center Chicago, Illnois, Amerika Serikat (AS).

Melansir History, Jumat (12/1/2024), Jordan memiliki prestasi yang baik saat masih berada di Universitas North Carolina, namun kemudian memilih meninggalkannya ketika ia dipilih oleh Chicago Bulls sebagai third overall-pick di putaran pertama draft NBA 1984.

Jordan membantu Bulls mencapai babak playoff di enam musim pertamanya di tim tersebut.

Dia mencapai final NBA pertamanya pada tahun 1991 dan memimpin timnya meraih kejuaraan pertama dari tiga kejuaraan berturut-turut.

Namun lantaran merasa kecewa dan terpukul atas kasus pembunuhan ayahnya dan tuduhan NBA atasnya terkait kasus judi ilegal, Jordan mengumumkan pengunduran dirinya dari bola basket pada tahun 1993. Dia menandatangani kontrak liga kecil dengan tim bisbol Chicago White Sox dan ditugaskan ke tim afiliasi White Sox, Birmingham Barons.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali ke Lapangan Basket

Meskipun kehadirannya di lapangan menarik perhatian banyak orang, Jordan hanya mencetak 0,202 di musim panas pertamanya, mencetak 114 gol dalam 127 pertandingan. Pada Maret 1995, dia memutuskan untuk berhenti bermain dan kembali ke lapangan basket.

Setelah hasil mengecewakan di musim 1994-95, Jordan (dibantu oleh sekutu lamanya Scottie Pippen dan Pelatih Phil Jackson, serta bintang baru Dennis Rodman), membalikkan keadaan untuk Bulls. Jordan memimpin liga dalam mencetak gol tahun itu dengan 30,4 poin per game dan membantu timnya mencatatkan rekor 72-10, penyelesaian musim reguler terbaik dalam sejarah NBA.

Bulls memenangkan tiga kejuaraan NBA berturut-turut pada tahun 1996, 1997 dan 1998, dan menjadi tim pertama dalam sejarah liga yang memenangkan tiga kejuaraan berturut-turut sebanyak dua kali. Dalam 12 musim penuhnya bersama Bulls, Jordan terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) NBA sebanyak lima kali dan memenangkan enam penghargaan MVP Final NBA, satu untuk setiap final yang dimainkan timnya.

3 dari 4 halaman

Pensiun Kedua

Pengumuman pensiun Jordan yang kedua, pada Januari 1999, terjadi setelah ketegangan sengit antara General Manager Jerry Krause dan Pelatih Jackson yang mengakibatkan Jackson meninggalkan Chicago.

Meskipun dia sebelumnya telah menyatakan secara terbuka bahwa dia tidak akan bermain untuk pelatih mana pun selain Jackson, Jordan menjelaskan keputusannya untuk pensiun dengan mengatakan bahwa dia telah kehilangan dorongan dan keinginan yang diperlukan untuk terus bermain di level setinggi itu. Ia juga mengatakan ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya.

Bahkan ketika ditanya apakah ada kemungkinan dia akan kembali, Jordan mengatakan dia "99,9 persen" yakin dia tidak akan kembali.

4 dari 4 halaman

Ambil Alih Tim Washington Wizards

Lebih mengejutkannya lagi, Jordan yang berusia 38 tahun kembali bugar dan keluar dari masa pensiunnya lagi pada bulan September 2001 sebagai pemain bebas transfer bersama Wizards. Meskipun ia mencetak poin karirnya yang ke 30.000 pada tanggal 4 Januari 2002, melawan mantan timnya, Bulls, Jordan tidak pernah mampu memimpin Wizards ke babak playoff.

Ia pun pensiun untuk ketiga dan terakhir kalinya pada 16 April 2003.

Karir Jordan di Bulls kemudian diangkat dalam sebuah serial dokumenter "The Last Dance" di ESPN pada tahun 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.