Sukses

Mengintip Kekayaan Pangeran Abdul Mateen yang Gelar Pesta Pernikahan dengan Anisha Rosnah hingga 10 Hari

Salah satu sumber kekayaan Pangeran Mateen kemungkinan dari gajinya sebagai perwira pilot Royal Brunei Air Force (RBAF).

Liputan6.com, Bandar Seri Begawan - Nama Pangeran Abdul Mateen tengah menjadi sorotan lantaran telah resmi menikah dengan Anisha Rosnah setelah prosesi akad nikah yang dilangsungkan pada Kamis (11/1/2024) di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Rangkaian acara pesta pernikahan putra penguasa Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah tersebut rencananya berlangsung selama 10 hari, terhitung sejak prosesi lamaran pada 7 Januari 2024.

Sebagai keturunan bangsawan, tak heran jika pesta pernikahan Pangeran Abdul Mateen berlangsung secara megah dan meriah. Terlebih diketahui bahwa sang ayah merupakan salah satu orang paling kaya di dunia.

Berbeda dengan Inggris atau Denmark yang menganut sistem monarki konstitusional, Brunei Darussalam yang menganut sistem monarki absolut, membuat informasi mengenai kekayaan anggota keluarga kerajaan dan sumber kekayaan mereka terbatas. Demikian seperti mengutip Lifestyle Asia, Jumat (12/1). 

Kendati demikian, Pangeran Abdul Mateen hampir dapat dipastikan merupakan seorang miliuner jika dilihat dari kekayaan bersihnya. Kemungkinan salah satu sumber pendapatannya adalah gaji yang mungkin ia peroleh sebagai perwira pilot Royal Brunei Air Force (RBAF), seperti yang biasa dilakukan Pangeran Harry ketika ia bertugas di Korps Udara Angkatan Darat Inggris.

Sementara itu, istrinya Anisha Rosnah, juga berasal dari kalangan kaya. Menurut The Independent, dia merupakan pemilik usaha di bidang fesyen bernama Silk Collective dan merupakan salah satu pemilik perusahaan pariwisata bernama Authentirary.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerap Tunjukkan Kekayaan Lewat Sosial Media

Meski jumlah kekayaan pastinya tidak diketahui, namun Pangeran Mateen kerap memamerkan apa yang ia miliki lewat unggahannya di Instagram.

Dalam postingannya pada tahun 2018, ia mengunggah foto dirinya berdiri di atas mobil Land Rover Defender 90.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mateen (@tmski)

Di kesempatan berbeda, ia juga membagikan foto hewan peliharaan miliknya, seekor anak harimau putih yang ia sebut sebagai temannya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mateen (@tmski)

Sementara itu, media Vietnam Times mengatakan dalam sebuah laporan bahwa dia adalah pengunjung tetap balapan malam Formula 1 di Singapura dan menyebutnya sering mengunjungi sejumlah penjahit di salah satu kawasan terkenal di London.

Menurut Vietnam Times, dia "memiliki isi lemari pakaian berkualitas buatan Inggris yang patut ditiru, dan sering terlihat rapi saat mengenakannya".

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mateen (@tmski)

Pangeran Mateen diyakini bertempat tinggal di Istana Nurul Izzah, sebuah istana yang terletak di pinggiran Bandar Seri Begawan dekat Jerudong. Istana kerajaan memiliki serangkaian taman lanskap, menawarkan ruang pribadi bagi penghuninya.

Istana ini memiliki beberapa ruang acara publik, termasuk ruang singgasana, dan beberapa suite kerajaan pribadi. Sementara itu, sang ayah bertempat tinggal di Istana Nurul Iman di ibu kota, yang merupakan kediaman raja dan pusat pemerintahan Brunei.

3 dari 4 halaman

Kekayaan Sultan Hassanal Bolkiah

Meski kekayaan Pangeran Mateen pribadi tidak diketahui pasti, mungkin kekayaan sang ayah dapat memberikan petunjuk tentang kehidupan mewah yang dijalani sang pangeran dan saudara-saudaranya sejak lahir.

Sultan Hassanal Bolkiah memiliki kekayaan bersih sebesar USD 28 hingga USD 30 miliar yang menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Ia memiliki kehidupan paling mewah di antara anggota kerajaan mana pun. Laporan menunjukkan bahwa dia memiliki sekitar 7.000 mobil, termasuk sekitar 600 Rolls-Royce, lebih dari 400 Ferrari, dan lebih dari 350 Bentley.

Salah satu Rolls-Royce miliknya diyakini dilapisi emas dan salah satu mobil Ferrari miliknya, 456 GT Venice, hanya satu dari tujuh mobil yang diproduksi di dunia.

Sultan juga dilaporkan memiliki jet Boeing 747-400, Boeing 767-200 dan Airbus A340-200 miliknya sendiri. Boeing 747-400 juga diyakini akan diberi hiasan emas di bagian dalamnya dan dibanderol sekitar USD 400 juta.

Istana tempat tinggalnya memiliki 1.700 kamar dan disebut sebagai salah satu kediaman kerajaan terbesar di dunia.

4 dari 4 halaman

Mahar Pernikahan Pangeran Abdul Mateen

Dengan kekayaan yang fantastis, salah satu hal yang menjadi sorotan dalam pesta pernikahan Pangeran Mateen adalah mahar yang diberikannya kepada sang istri. 

Menariknya, jumlah mahar pernikahannya tidak dalam jumlah yang fantastis. 

Mahar tersebut disampaikan Pangeran Mateen saat mengucap ijab kabul dengan satu tarikan napas.

"Saya terima nikahnya Dayang Anisha Rosnah binti Adam dengan maharnya 1.000 Ringgit tunai," ucapnya. Mahar tersebut bila dirupiahkan setara Rp11,7 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini