Sukses

5 Pernikahan Kerajaan Termewah Pesaing Pernikahan 10 Hari Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah

Rangkaian acara pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah dijadwalkan berlangsung selama 10 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pasang mata di dunia tengah menyorot pernikahan kerajaan di Brunei Darussalam, di mana Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah telah dinyatakan resmi menikah setelah akad nikah diselenggarakan hari ini, Kamis (11/1/2024) di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Pesta pernikahan identik dengan kemeriahan dan kemegahan, apalagi jika pasangan kerajaan yang melakukan pesta pernikahan. Hal ini tentu menjadi lebih kompleks, di mana pesta tersebut akan mengundang banyak tokoh penting dunia sehingga harus dipersiapkan sebaik-baiknya.

Rangkaian acara pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah dan istrinya itu dijadwalkan berlangsung selama 10 hari, dimulai sejak acara lamaran pada 7 Januari 2024.

Rupanya, pernikahan megah semacam itu bukan yang pertama kali diadakan.

Dilansir laman Lifestyle Asia, Kamis (11/1), berikut adalah sederet pernikahan kerajaan termewah sepanjang sejarah:

1. Pangeran Felipe and Ratu Letizia Ortiz Rocasolano, Spanyol

Raja dan Ratu Spanyol saat ini menikah pada tahun 2004 di Gereja Katedral Santa María la Real de La Almudena di Madrid.

Bangsawan kerajaan itu menikah dengan seorang jurnalis, Letizia Ortiz, di hadapan 1.200 tamu.

Dalam pesta tersebut, sang pengantin wanita mengenakan gaun cantik Manuel Pertegaz, yang disulam dengan detail emas, dilengkapi kue setinggi 2,13 meter serta 1.000 botol sampanye disajikan kepada para tamu selama resepsi pernikahan.

Pesta itu diperkirakan memakan biaya hingga USD 25-30 juta, dan disiarkan di televisi serta ditonton 25 juta kali di Spanyol saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pangeran William dan Kate Middleton, Inggris

Pernikahan ikonik pasangan kerajaan ini berlangsung pada tahun 2011 di Westminster Abbey. Keseluruhan pernikahan menghabiskan biaya sekitar USD 34 juta, dimana USD 32 juta dialokasikan untuk keamanan.

Kate mengenakan gaun renda buatan tangan Alexander McQueen yang cantik, dengan panjang train 2,7 meter.

Meskipun setidaknya tiga juta orang menyaksikan pernikahan yang disiarkan televisi secara global, hampir 1.900 tamu menyaksikannya langsung di tempat tersebut.

Resepsi pernikahan diadakan di Istana Buckingham setelah kebaktian.

Beberapa selebriti yang hadir di pesta pernikahan tersebut adalah Victoria Beckham dan David Beckham, Sir Elton John dan David Furnish. Selain Ratu Elizabeth II dan Pangeran Charles, anggota keluarga kerajaan terkemuka lainnya yang menghadiri upacara tersebut antara lain Putri Eugenie dan Putri Beatrice.

3 dari 5 halaman

3. Pangeran Rainier dan Grace Kelly, Monako

Menambah daftar pernikahan termahal adalah pernikahan Pangeran Rainier III dengan seorang aktris Amerika. Pasangan itu bertukar sumpah di Katedral St. Nicholas pada tahun 1956.

Pernikahan mewah mereka selama dua hari termasuk upacara keagamaan dan sipil yang dihadiri oleh 600 tamu. Beberapa tamu undangan yang menjadi bagian dari perayaan keagamaan mereka adalah Cary Grant, Ava Gardner dan Aristoteles Onassis.

Didesain oleh Helen Rose, gaun pengantin wanita menjadi sorotan upacara mereka dan menampilkan garis leher tinggi dan mutiara antik.

Sementara itu, kue pengantin setinggi enam tingkat bergambar istana negara berwarna merah muda juga menjadi sorotan.

Meski biaya pernikahannya tidak diketahui, diperkirakan jumlahnya mencapai jutaan.

4 dari 5 halaman

4. Putri Hajah Hafizah Sururul Bolkiah and Pengiran Haji Muhammad Ruzaini, Brunei Darussalam

Selain pernikahan Pangeran Abdul Mateen, pesta pernikahan sang kakak rupanya juga pernah menjadi sorotan.

Pengantin wanita kerajaan, yang merupakan putri Sultan Hassanal Bolkiah, menikah dengan suaminya yang bukan bangsawan pada tahun 2012.

Upacara pernikahan mereka berlangsung di istana ayahnya yang memiliki 1.700 kamar di Pulau Kalimantan, diikuti dengan pesta pernikahan selama seminggu. Pesta ini diperkirakan menghabiskan biaya hingga hampir USD 20 juta.

Pesta itu mengundang 3.000 tamu termasuk Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, Presiden Filipina Benigno Aquino dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Sebuah jamuan kenegaraan kemudian diadakan dan dihadiri oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan pejabat asing lainnya.

5 dari 5 halaman

5. Pangeran Charles dan Putri Diana, Inggris

Termasuk di antara upacara pernikahan kerajaan paling terkenal, Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer menikah di Katedral St Paul pada tahun 1981.

Dengan perkiraan biaya USD 70-100 juta, pernikahan ini ternyata menjadi pernikahan kerajaan Inggris termahal sepanjang masa.

Terlepas dari pakaian, dekorasi, dan keamanan yang ketat, fakta bahwa para tamu dapat memilih dari 27 kue tetap menjadi berita selama berhari-hari.

Upacara yang disiarkan televisi tersebut disaksikan oleh 750 juta orang, sementara 3.500 orang menghadiri pernikahan di Westminster Abbey dan 600.000 orang memadati jalan-jalan London untuk melihat sekilas pasangan kerajaan tersebut.

Putri Diana mengenakan gaun taffeta gading yang disulam payet, renda berjumbai, dan 10.000 mutiara. Gaun tersebut dirancang oleh pasangan suami-istri, David dan Elizabeth Emanuel, dan diperkirakan seharga USD 127.000 atau sekitar Rp1,9 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini