Sukses

Penyebab Tabrakan Japan Airlines dan Pesawat Penjaga Pantai di Bandara Haneda Versi Transkrip Kontrol Lalu Lintas Udara

Transkrip resmi air traffic control communications (komunikasi kontrol lalu lintas udara) Bandara Haneda menguak penyebab tabrakan Japan Airlines dan pesawat penjaga pantai Jepang. Ini yang mereka instruksikan.

Liputan6.com, Tokyo - Selasa 2 Januari 2024 sebuah coast guard aircraft atau pesawat penjaga pantai Jepang yang ditabrak oleh pesawat penumpang Japan Airlines (JAL) di Bandara Internasional Haneda Tokyo. Pihak berwenang pun menyelidiki insiden tersebut.

Laporan CNN menurut transkrip resmi air traffic control communications (komunikasi kontrol lalu lintas udara) yang dirilis Rabu 4 Januari 2024 yang dikutip Kamis (4/1), menyebut pesawat penjaga pantai Jepang diinstruksikan hanya untuk posisi taxi to holding point dan belum diizinkan untuk lepas landas.

Kecelakaan fatal tersebut menyebabkan pesawat Japan Airlines penerbangan 516 menabrak pesawat penjaga pantai setelah mendarat di landasan pacu pada hari Selasa (2/1), menyebabkan pesawat tersebut meledak menjadi bola api yang mengerikan.

Seluruh penumpang pesawat Japan Airlines (JAL) yang berjumlah 379 orang telah dievakuasi dengan selamat, dalam apa yang disebut-sebut sebagai respons yang biasa dilakukan oleh awak dan penumpang. Kendati demikian lima dari enam awak pesawat penjaga pantai yang lebih kecil tewas, menurut Menteri Transportasi Jepang Tetsuo Saito.

Menteri Saito pada hari Rabu (3/1) merilis transkrip komunikasi lebih dari empat menit antara air traffic control communications (pengontrol lalu lintas udara) dan kedua pesawat sesaat sebelum kecelakaan, yang menunjukkan bahwa penerbangan Japan Airlines telah diberi izin untuk mendarat tetapi tidak menunjukkan persetujuan lepas landas yang jelas untuk pesawat penjaga pantai.

Dalam perkembangan lebih lanjut, rekaman yang tersedia untuk umum menunjukkan bahwa lampu peringatan yang tidak berfungsi – yang dirancang untuk menghentikan pilot agar tidak melakukan kesalahan saat meluncur ke landasan – bisa menjadi faktor lain dalam kecelakaan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Tabrakan Berdasarkan Transkrip Pengendali Lalu Lintas Udara

Pengendali lalu lintas udara memberi izin pesawat penumpang JAL untuk mendarat pada pukul 17:43:26. waktu setempat (03:43:26 ET), menurut transkrip.

Namun, transkrip tersebut tidak menunjukkan persetujuan lepas landas yang jelas untuk pesawat penjaga pantai tersebut, melainkan memerintahkannya untuk posisi taxi to holding point pada pukul 17:45:11 (03:45:11 ET). Awak pesawat penjaga pantai mengkonfirmasi instruksi tersebut beberapa detik kemudian, menurut transkrip.

Sekitar dua menit kemudian, penerbangan JAL bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai di landasan, menurut stempel waktu pada video pengawasan bandara.

Menteri Perhubungan Jepang Tetsuo Saito mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu (2/1) bahwa insiden tersebut "masih diselidiki" dan langkah selanjutnya adalah mendengarkan rekaman audio percakapan antara pilot penjaga pantai dan menara kendali penerbangan.

Dia menambahkan, Kementerian Perhubungan mengambil segala tindakan pencegahan untuk mencegah kecelakaan serupa terjadi lagi.

 

3 dari 4 halaman

Faktor Lampu Landasan Pacu Berperan dalam Tabrakan?

Dalam pengarahan setelah konferensi pers Menteri Perhubungan Jepang Tetsuo Saito, pejabat dari Japan Transportation Safety Board (JTSB) atau Dewan Keselamatan Transportasi Jepang mengatakan mereka telah mengambil rekaman penerbangan dan suara dari pesawat penjaga pantai tersebut. Namun, mereka menambahkan, masih mencari di pesawat JAL yang terbakar.

Faktor lain yang berpotensi diselidiki sebagai bagian dari penyelidikan tabrakan hari Selasa adalah bahwa lampu landasan pacu – yang dikenal sebagai lampu runway stop bar dan dirancang untuk menghentikan pilot agar tidak melakukan kesalahan saat meluncur ke landasan – mungkin sudah tidak berfungsi, menurut informasi yang tersedia untuk umum.

Sebuah buletin untuk para pilot mengatakan bahwa lampu stop bar "tidak dapat digunakan" dari taxiway C1 hingga C14, yang mencakup taxiway di mana pengawas menara Haneda memerintahkan penerbangan penjaga pantai untuk menunggu dan menunggu izin lepas landas. Pemberitahuan – atau NOTAM – pertama kali diposting secara publik pada tanggal 25 Desember 2023, dan tetap aktif.

Seorang pejabat JTBS mengatakan kepada wartawan bahwa pengawas lalu lintas udara mengizinkan pesawat JAL untuk mendarat di landasan pacu dan menginstruksikan pesawat penjaga pantai “untuk menahan diri.”

Transkrip tersebut dirilis setelah Japan Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa malam bahwa awaknya telah diizinkan untuk mendarat oleh pengatur lalu lintas udara sebelum tabrakan terjadi.

Sementara itu, Audio dari LiveATC.net disebut merinci kru yang membacakan kembali perintah izin untuk landasan pacu, yang berbunyi cleared to land 34 right (diizinkan untuk mendarat di 34 kanan).

4 dari 4 halaman

Japan Airlines Akan Bekerja Sama hingga Kerugian $100 Juta dan Pembatalan 100an Penerbangan

Japan Airlines telah berjanji bekerja sama penuh dalam penyelidikan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan mematikan itu.

Perusahaan memperkirakan kerugian hingga $100 juta setelah kecelakaan itu, kata juru bicara maskapai penerbangan kepada CNN pada hari Kamis (4/1).

Adapun lebih dari 100 penerbangan maskapai penerbangan tersebut telah dibatalkan sejak kejadian tersebut, 50 penerbangan dibatalkan pada hari Rabu (2/1) dan 68 penerbangan lainnya pada hari Kamis (4/1).

Japan Airlines juga menawarkan perubahan pemesanan atau pengembalian uang tiket bagi penumpang mana pun yang ingin melakukannya untuk penerbangan sebelum 31 Maret.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.