Sukses

Pengakuan Penumpang di Dalam Pesawat Japan Airlines Terbakar: Gelap, Panas, Kabin Penuh Asap, Saya Pikir Tak Akan Selamat

Bagaimana rasanya di dalam pesawat Japan Airlines yang terbakar — dari para penumpang yang selamat. Para ahli mengatakan evakuasi yang sempurna dan teknologi baru berperan besar dalam kelangsungan hidup mereka.

Liputan6.com, Tokyo - Airbus A350 Japan Airlines yang membawa 379 orang bertabrakan dengan pesawat kedua saat mendarat di Tokyo, Bandara Haneda pada Selasa 2 Januari 2024.

Lalu datanglah panas dan asap saat jet itu melaju di sepanjang landasan dalam keadaan terbakar.

Kemudian naluri bertahan hidup muncul, ketika orang-orang bergegas melarikan diri dari kabin yang dipenuhi asap, mengetahui bahwa nyawa bergantung pada beberapa detik berikutnya.

Untuk saat ini, seperti dikutip dari BBC, Rabu (3/1/2024), video dan pernyataan dari penumpang memberikan gambaran teror selama beberapa menit, kemudian ketidakpercayaan terhadap apa yang telah mereka alami.

Anton Deibe, 17, seorang penumpang asal Swedia, menggambarkan kekacauan setelah tabrakan ketika Airbus A350 terhenti di landasan Bandara Haneda Jepang.

"Seluruh kabin dipenuhi asap dalam beberapa menit," katanya kepada surat kabar Swedia Aftonbladet. "Asap di kabin sangat menyengat. Benar-benar neraka. Kami menjatuhkan diri ke lantai. Kemudian pintu darurat dibuka dan kami melemparkan diri ke arah mereka."

"Kami tidak tahu ke mana kami akan pergi, jadi kami langsung lari ke lapangan. Terjadi kekacauan."

Dia, orang tuanya dan saudara perempuannya berhasil melarikan diri dari puing pesawat tanpa terluka.

Satoshi Yamake, seorang penumpang berusia 59 tahun, mengatakan dia merasakan pesawat "miring ke samping dan merasakan benturan besar" pada tabrakan awal.

Penumpang lain yang tidak disebutkan namanya menggambarkan "tumbukan, seperti pesawat bertabrakan dengan sesuatu saat mendarat. Saya melihat percikan api di luar jendela dan kabin dipenuhi asap".

Orang ketiga melaporkan kepada Kyodo News bahwa dia merasakan "ledakan seperti kami menabrak sesuatu dan tersentak ke atas saat kami mendarat".

Cuplikan momen-momen itu terekam di ponsel.

Beberapa penumpang merekam cahaya merah dari mesin yang masih menyala saat pesawat berhenti. Yang lain mengambil rekaman di dalam, kepulan asap dengan cepat menutupi lensa kamera saat penumpang berteriak dan awak kabin mencoba mengarahkan langkah mereka selanjutnya.

Seorang penumpang wanita mengatakan keadaan di dalam pesawat terbakar itu gelap karena api semakin membesar setelah mendarat.

"Di dalam pesawat semakin panas, dan sejujurnya saya berpikir, saya tidak akan selamat," katanya kepada stasiun televisi Jepang NHK.

Menurut penumpang lain, rencana pelarian menjadi lebih sulit karena hanya satu set pintu yang digunakan. "Ada pengumuman yang bilang pintu belakang dan tengah tidak bisa dibuka. Jadi semua turun dari depan," ujarnya.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ahli: Evakuasi yang Sempurna dan Teknologi Baru Berperan Besar

Semua yang lolos dari Japan Airlines penerbangan 516 sungguh luar biasa. Para ahli mengatakan evakuasi yang sempurna dan teknologi baru berperan besar dalam kelangsungan hidup mereka.

Sementara mereka yang berada di pesawat kedua, pesawat penjaga pantai yang lebih kecil yang akan mengantarkan bantuan kepada korban gempa, tidak seberuntung itu. Lima orang tewas dan pilotnya terluka parah.

Penyelidik sedang mengumpulkan apa yang terjadi pada pukul 17:47 waktu setempat (08:47 GMT) di bandara Haneda, dan mengapa dua pesawat bisa berada di landasan pada saat yang bersamaan.

Adapun satu penumpang mengalami luka memar dan 13 lainnya meminta konsultasi medis karena ketidaknyamanan fisik, kata maskapai tersebut.

Jet Japan Airlines nahas itu berangkat dari bandara New Chitose Sapporo pada pukul 16:00 waktu setempat (07:00 GMT) dan mendarat di Haneda sesaat sebelum pukul 18:00. Pesawat penjaga pantai yang lebih kecil itu dijadwalkan mengirimkan bantuan kepada para korban gempa bumi dahsyat pada Hari Tahun Baru. Investigasi atas tabrakan tersebut sedang dilakukan.

 

3 dari 4 halaman

Tinggalkan Barang Berharga Jadi Faktor Utama Keselamatan

Laporan BBC juga menyebut penumpang berlari ke pintu darurat jet Japan Airlines yang terbakar tanpa membawa tas tangan, sesuai dengan instruksi awak penerbangan.

Meninggalkan barang-barang berharga mereka adalah "faktor utama" di balik evakuasi cepat seluruh penumpang yang berjumlah 379 orang, tepat sebelum pesawat itu dilalap api di landasan Bandara Haneda di Tokyo pada Selasa lalu, kata pakar penerbangan.

Japan Airlines Penerbangan 516 berubah menjadi bola api setelah bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai saat mendarat. Lima dari enam orang di dalam pesawat yang lebih kecil itu tewas.

Seorang mantan pramugari Japan Airlines mengatakan kepada BBC bahwa penumpang dalam penerbangan komersial tersebut "sangat beruntung".

"Saya lega saat mengetahui seluruh penumpang selamat. Namun ketika saya mulai memikirkan prosedur evakuasi darurat, tiba-tiba saya merasa gugup dan takut," ujarnya. "Tergantung pada bagaimana kedua pesawat bertabrakan dan bagaimana api menyebar, keadaannya bisa jauh lebih buruk."​

Dalam situasi kehidupan nyata, mungkin sulit untuk memastikan bahwa penumpang tidak panik, kata mantan pramugari yang tidak mau disebutkan namanya.

"Tetapi apa yang mereka capai lebih sulit dari yang dibayangkan. Fakta bahwa mereka berhasil membuat semua orang melarikan diri adalah hasil dari koordinasi yang baik antara awak dan penumpang dalam mengikuti instruksi,” katanya.

Dia mengatakan anggota awak baru menjalani pelatihan evakuasi dan penyelamatan yang ketat hingga tiga minggu sebelum mereka diizinkan untuk bertugas dalam penerbangan komersial. Pelatihan ini diulang setiap tahun.

"Kami menjalani ujian tertulis, diskusi studi kasus, dan pelatihan praktik dengan menggunakan skenario yang berbeda-beda, seperti saat pesawat harus melakukan pendaratan di air atau jika ada kebakaran di dalam pesawat. Staf pemeliharaan juga dilibatkan dalam pelatihan tersebut," kata mantan pramugari yang meninggalkan perusahaan 10 tahun lalu.

Seorang pilot sebuah maskapai penerbangan Asia Tenggara, yang juga berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan pelatihan ketat yang dilakukan awak pesawat membantu proses evakuasi dengan cepat.

"Saya harus mengatakan itu luar biasa. Saya pikir apa yang terjadi dalam kasus ini adalah pelatihan dimulai. Anda benar-benar tidak punya waktu untuk berpikir dalam situasi seperti ini, jadi Anda hanya melakukan apa yang telah dilatih untuk Anda lakukan," dia dikatakan.

Agar setiap pesawat penumpang mendapatkan sertifikasi internasional, produsen pesawat harus menunjukkan bahwa semua penumpang dapat meninggalkan pesawat dalam waktu 90 detik. Tes evakuasi terkadang melibatkan penumpang sebenarnya, tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Evakuasi Tanpa Cela Japan Airlines Tuai Pujian

Evakuasi tanpa cela di jet Japan Airlines telah mengejutkan dunia dan mendapat pujian dari banyak orang.

Pakar penerbangan dan awak pesawat mengatakan kepada BBC bahwa hal ini disebabkan oleh awak pesawat yang melakukan pelatihan ketat dan penumpang yang "berperilaku baik" dan mematuhi protokol keselamatan.

“Saya tidak melihat satu pun penumpang di darat, dalam video mana pun yang saya lihat, yang membawa barang bawaannya… Jika ada orang yang mencoba membawa barang bawaan kabinnya, itu sangat berbahaya karena akan memperlambat evakuasi. ," kata Prof Ed Galea, direktur Fire Safety Engineering Group di Universitas Greenwich.​

Keadaan pesawat Airbus A350 membuat evakuasi sulit, kata Prof Galea.

"Kecelakaan ini jauh dari ideal. Posisi pesawat mengarah ke bawah sehingga penumpang sulit bergerak," ujarnya.

Hanya tiga seluncuran tiup yang dapat digunakan untuk mengevakuasi penumpang tetapi tidak dipasang dengan benar karena cara jet tersebut mendarat. Perosotannya sangat curam, sehingga bisa berbahaya.

Sistem pengumuman pesawat juga tidak berfungsi selama evakuasi, sehingga awak pesawat harus menyampaikan instruksi menggunakan megafon dan berteriak, kata Japan Airlines.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini