Sukses

3 Tips Agar Resolusi Tahun Baru 2024 Tak Hanya Jadi Wacana

Penelitian menunjukkan jika Anda membuat resolusi yang sama selama tiga tahun berturut-turut, besar kemungkinan resolusi tersebut benar-benar terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun baru, banyak orang biasanya memiliki resolusi atau hal-hal yang ingin dicapai sepanjang tahun 2024. Namun, banyak yang meragukan kemampuan diri mereka sendiri, mengatakan bahwa bahkan resolusi yang mereka buat tahun lalu belum terlaksana.

Namun, hal itu tidak seharusnya membuat Anda putus asa dan tidak memiliki harapan di tahun yang baru.

John Norcross, profesor di Universitas Scranton, telah menulis tentang perubahan dan merupakan seorang ahli dalam resolusi Tahun Baru. Ia mengatakan bahwa dalam jangka waktu enam bulan setelah resolusi dibuat, 40 persen masyarakat masih menaatinya.

Lebih lanjut, penelitian lain menunjukkan jika Anda membuat resolusi yang sama selama tiga tahun berturut-turut, besar kemungkinan resolusi tersebut benar-benar terjadi.

Resolusi yang paling populer dari tahun ke tahun adalah menata keuangan, menjadi lebih sehat, menjadikan pernikahan lebih baik, menghentikan kebiasaan buruk, dan lebih dekat dengan Tuhan. Banyak dari resolusi tersebut berfokus pada masing-masing individu.

Dilansir Foxnews, Rabu (3/1/2024), berikut adalah sejumlah tips agar resolusi tahun baru yang Anda buat tidak sekadar menjadi wacana atau rencana:

1. Fokus pada Diri Sendiri dan juga Orang Lain

Pergeseran sederhana dalam cara berpikir Anda ini dapat memberikan dampak luar biasa pada kehidupan Anda di tahun baru.

Jika Anda fokus untuk menjadi lebih sehat, Anda harus berpikir bahwa Anda bisa menjadi orang tua yang lebih baik bagi anak-anak Anda karena Anda akan memiliki lebih banyak energi. Anda juga bisa hidup lebih lama dan bisa membantu lebih banyak orang karena kesehatan Anda lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lakukan Evaluasi sebelum Membuat Resolusi

Sebelum menentukan resolusi tahun baru, Anda lebih baik melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Lihat apa hal yang berhasil dan apa yang tidak. Selain itu, Anda juga perlu melihat hal apa yang membawa perubahan positif dalam hidup Anda.

Setelah melakukan evaluasi, baru Anda bisa menentukan resolusi dengan lebih baik.

3 dari 3 halaman

3. Sadari Adanya Hambatan dan Tantangan

Dalam perjalanan mewujudkan resolusi, Anda harus menyadari adanya hambatan dan tantangan. Anda mungkin akan berhadapan dengan situasi yang tidak pernah disangka sebelumnya, membuat Anda mengalami sedikit kemunduran.

Namun, Anda perlu menyadari bahwa itu hal biasa yang dialami oleh setiap orang. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk berhenti atau menyerah pada resolusi yang telah Anda buat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.