Sukses

Penampakan UFO di Bandara India Picu 2 Jet Tempur Rafale Dikerahkan Memburu, Penerbangan Ditunda 3 Jam

UFO disebut terlihat di dekat bandara Imphal, Angkatan Udara India mengerahkan 2 jet Rafale

Liputan6.com, New Delhi - Angkatan Udara India mengerahkan dua jet tempur Rafale untuk mencari 'unidentified flying object' (UFO) atau 'benda terbang tak dikenal' setelah menerima informasi penampakannya di dekat bandara Imphal pada Minggu 19 November 2023.

Setelah menerima masukan tentang keberadaan UFO di dekat bandara India, di Imphal, Manipur, IAF meluncurkan satu Rafale dari Hashimara tetapi tidak dapat melihat apa pun, kata sumber utama kepada India Today yang dikutip Senin (20/11/2023).

Dalam postingan di X, Eastern Command mengatakan, "IAF mengaktifkan mekanisme respons Pertahanan Udara berdasarkan masukan visual dari bandara Imphal. Benda kecil itu tidak terlihat lagi setelahnya."

"UFO terlihat dengan mata telanjang bergerak ke arah barat lapangan terbang sampai jam 4 sore," kata seorang pejabat Central Industrial Security Force (CISF).

Operasi penerbangan di Bandara Internasional Bir Tikendrajit di Imphal Manipur, bahkan sampai dihentikan selama beberapa jam, setelah benda terbang tak dikenal terlihat melayang di atas bandara.

Penerbangan yang dialihkan tersebut termasuk penerbangan IndiGo dari Kolkata yang awalnya diinstruksikan 'untuk menahan di atas'. Namun akhirnya dialihkan ke Guwahati setelah 25 menit.

Penerbangan kembali dilanjutkan ke luar bandara Imphal setelah menerima izin sekitar tiga jam kemudian. Indian Air Force Eastern Command (Komando Timur Angkatan Udara India) di Shillong juga diberitahu tentang perkembangan tersebut.​

Adapun pesawat tempur Rafale, yang ditempatkan di pangkalan udara Hashimara di Benggala Barat, secara teratur beroperasi dari berbagai pangkalan udara di sepanjang sektor timur yang berbatasan dengan Tiongkok. Khususnya, pesawat-pesawat canggih ini baru-baru ini berpartisipasi dalam latihan ekstensif Angkatan Udara, Poorvi Akash, di mana mereka memamerkan kemampuan mereka bersama dengan aset-aset utama lainnya dari angkatan bersenjata dan pasukan militer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemhan AS Konfirmasi Penampakan UFO pada 2019

Bicara soal penampakan UFO, Kementerian Pertahanan AS (DOD) telah mengkonfirmasi bahwa foto dan video atas "fenomena udara tak dikenal atau UAP (unidentified aerial phenomena)" yang diambil pada tahun 2019 memang merupakan gambar sah dari objek terbang tak teridentifikasi alias UFO.

Foto dan video benda berbentuk segitiga berkedip dan bergerak melalui awan diambil oleh personel Angkatan Laut, kata juru bicara Pentagon Sue Gough dalam sebuah pernyataan kepada CNN, dikutip pada Sabtu (17/4/2021).

Dia juga mengkonfirmasi bahwa foto tiga benda terbang tak dikenal - satu berbentuk "bola", satu berbentuk "biji akorn", dan satu dicirikan sebagai "blimp metalik" - juga diambil oleh personel Angkatan Laut.

"Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, untuk menjaga keamanan operasi dan untuk menghindari mengungkapkan informasi yang mungkin berguna bagi musuh potensial, DOD tidak membahas secara terbuka rincian pengamatan atau pemeriksaan serangan yang dilaporkan ke dalam kisaran pelatihan kami atau wilayah udara yang ditunjuk, termasuk serangan yang awalnya ditetapkan sebagai UAP," kata Gough.

Dia juga mengatakan bahwa Satgas Fenomena Udara Tak Dikenal (UAP Task Force), yang dibuat pada Agustus 2020 untuk menyelidiki penampakan UFO yang diamati oleh militer, telah "mendata insiden-insiden ini dalam pemeriksaan yang sedang berlangsung."

Foto dan video Angkatan Laut diterbitkan oleh Mystery Wire dan di situs web Extraordinary Beliefs minggu lalu tetapi telah beredar secara online sejak tahun lalu.

Ada "sejumlah laporan tentang pesawat yang tidak sah dan/atau tidak dikenal memasuki berbagai rentang yang dikendalikan militer dan ruang udara yang ditunjuk dalam beberapa tahun terakhir" kata Angkatan Laut pada 2019.

Tahun lalu, Pentagon merilis tiga video yang menunjukkan "fenomena udara tak dikenal" -- klip yang sebelumnya dikonfirmasi Angkatan Laut AS adalah nyata.

Badan-badan intelijen AS telah diarahkan untuk memberikan laporan yang tidak diklasifikasikan tentang UAP kepada Kongres pada bulan Juni.

Selanjutnya di sini...

3 dari 4 halaman

Penampakan UFO Juga Hentikan Operasi Penerbangan di China

Adapun sebuah benda terbang tak dikenal (UFO) juga pernah dilaporkan memaksa Bandara Xiaoshan di Hangzhou, China untuk menghentikan operasinya pada 7 Juli 2020.

Seorang awak pesawat yang bersiap untuk turun pertama kali mendeteksi objek tersebut sekitar pukul 08:40 malam waktu setempat, dan memberi tahu departemen kontrol lalu lintas udara. Otoritas penerbangan menanggapi dalam beberapa menit, menghentikan penerbangan keluar dan mengalihkan yang masuk ke bandara di Ningbo dan Wuxi.

Delapan belas penerbangan terpengaruh. Meskipun operasi normal dilanjutkan satu jam kemudian, insiden itu menarik perhatian media China dan memicu spekulasi tentang identitas UFO.

"Menurut pendapat saya, UFO bukanlah rudal AS atau satelit Rusia. Saran bahwa itu adalah makhluk luar angkasa bahkan lebih tidak masuk akal. Semuanya, gunakan kepalamu. Ini jelas merupakan fenomena buatan manusia. AS atau Rusia berisiko memprovokasi kemarahan China dengan menembakkan rudal atau roket satelit di langit China, tanpa peringatan? Saya yakin militer China bertanggung jawab atas UFO tersebut. Ini adalah rudal atau pesawat baru yang sedang diuji," tulis seorang pengguna internet.

Memicu spekulasi lebih lanjut, penduduk Hangzhou merilis foto, yang diambil pada sore hari sebelum penundaan, dari objek melayang bermandikan cahaya keemasan dan menunjukkan ekor seperti komet. Kurang dari satu jam sebelum bandara Xiaoshan ditutup, warga mengatakan mereka juga melihat benda terbang yang memancarkan sinar merah dan putih.

Foto-foto yang diambil oleh penduduk Hangzhou mungkin tidak ada hubungannya dengan UFO yang menutup Bandara Xiaoshan. Menurut otoritas meteorologi Hangzhou, warga di sore hari mungkin melihat pantulan cahaya dari pesawat. 

4 dari 4 halaman

Benda Misterius di Langit Korea Selatan

Sementara itu, seorang penumpang pesawat merekam video benda putih oval misterius yang terbang di atas Seoul, Korea Selatan, pada 7 April 2020. Video tersebut telah ramai Internet sejak itu, dan tentu saja banyak orang menawarkan penjelasan tentang benda asing tersebut.

Seperti yang biasa terjadi hari ini, klip UFO diunggah ke YouTube, dan telah dilihat jutaan kali. Beberapa komentar mengatakanm itu jelas merupakan pesawat luar angkasa; yang lain bersikeras itu palsu. Yang lain lagi mengatakan itu bukan keduanya, melainkan benda nyata - seperti kantong plastik yang tertiup angin hingga parasut yang terlihat di langit.

Selain anonimitas juru kamera, video tersebut menimbulkan beberapa tanda tanya tentang keasliannya.

Meskipun petunjuk internal ini menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres dengan video tersebut, pertanyaannya tetap: Apakah itu benda nyata?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.