Sukses

Jokowi Sambut Kemitraan AS-Indonesia untuk Perangi Krisis Iklim Hingga Kolaborasi Pembangunan IKN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden AS Joe Biden telah bertemu di Gedung Putih pada Senin 13 November 2023 pukul empat sore waktu setempat atau Selasa 14 November subuh waktu Indonesia. Ini menandai puncak lawatan kenegaraan Jokowi ke Amerika Serikat.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden AS Joe Biden telah bertemu di Gedung Putih pada Senin 13 November 2023 pukul empat sore waktu setempat atau Selasa 14 November subuh waktu Indonesia.

Ini menandai puncak lawatan kenegaraan Jokowi ke Amerika Serikat.

Pada kesempatan tersebut, seperti tertuang dalam keterangan tertulis dari whitehouse.gov, Selasa (14/11/2023), disampaikan bahwa US Agency for International Development (USAID) atau Badan Pembangunan Internasional AS dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia menandatangani perjanjian kemitraan baru dalam konservasi hutan dan satwa liar yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, melindungi spesies yang rentan, beradaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim, dan memastikan penghidupan yang berkelanjutan bagi penghuni komunitas hutan.

Selain itu, disebutkan pada pertemuan antara Jokowi dan Joe Biden itu bahwa Amerika Serikat dan Indonesia berencana untuk bekerja sama melalui Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global serta inisiatif regional seperti IPEF, untuk memobilisasi investasi pemerintah dan swasta di bidang infrastruktur guna mendukung pertumbuhan berkelanjutan dan pekerjaan layak untuk semua di Indonesia.

Presiden Jokowi kemudian menyambut baik kelanjutan kolaborasi dengan Amerika Serikat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"US Trade and Development Agency (USTDA) atau Badan Perdagangan dan Pembangunan AS bermaksud mendanai misi dagang Amerika Serikat yang berfokus pada pengembangan IKN, untuk mendorong ekspor AS dalam bidang infrastruktur yang berkualitas, berkelanjutan, dan solusi kota pintar yang inovatif," kata Joe Biden.

Selain itu, sambung Joe Biden, USTDA juga berencana mendanai pelatihan bagi pejabat Indonesia mengenai pengadaan berbasis nilai untuk merancang, mengevaluasi, dan memberikan tender untuk IKN.

"Pekerjaan ini merupakan lanjutan dari bantuan teknis USAID yang berkelanjutan kepada Otoritas IKN untuk mengembangkan pedoman bangunan pintar – yang pertama di Indonesia. Departemen Perdagangan AS berencana menyelenggarakan Misi Pengembangan Bisnis Kota Cerdas untuk lebih memperkuat perdagangan dan investasi dalam pengembangan kota pintar di Indonesia," ucap Joe Biden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joe Biden Puji Komitmen Iklim Indonesia Via JETP

Presiden Biden pada kesempatan tersebut memuji komitmen iklim Indonesia yang ambisius berdasarkan Just Energy Transition Partnership (JETP) atay Kemitraan Transisi Energi yang Adil, termasuk penerapan energi terbarukan yang kuat dan sasaran emisi sektor ketenagalistrikan.

Sementara Jokowi menyambut baik kontribusi AS terhadap JETP, dan menantikan upaya lebih lanjut untuk memberikan pembiayaan publik dan swasta bagi transisi energi ramah lingkungan di Indonesia.

"Indonesia menyambut baik proyek-proyek masa depan yang didanai oleh lembaga keuangan internasional di bidang respons perubahan iklim, transisi energi, pertumbuhan ramah lingkungan, dan infrastruktur energi terbarukan. Amerika Serikat dan Indonesia bermaksud untuk mengejar program kerja sama yang ambisius di bidang energi angin, surya, nuklir sipil, dan panas bumi, sekaligus meningkatkan kerja sama dalam pengurangan emisi gas rumah kaca dari sektor mineral, limbah, dan transportasi."

Kedua negara juga mengakui pentingnya Net Zero World Initiative dalam mendukung transformasi ekonomi energi Indonesia, termasuk kerja sama dalam rantai pasokan baterai rendah karbon.

Untuk mendukung tujuan JETP, Amerika Serikat dan Indonesia juga mengumumkan nota kesepahaman mengenai energi berkelanjutan dan pengembangan mineral yang akan memajukan kerja sama teknis dalam mendukung lingkungan dan kerangka peraturan untuk membantu meningkatkan penggunaan sumber daya energi terbarukan, meningkatkan ketahanan jaringan listrik dan keamanan, dan meningkatkan teknologi untuk praktik penambangan dan pemrosesan mineral yang bertanggung jawab.

Karena transisi energi ramah lingkungan akan memberikan dampak yang sangat besar bagi pekerja dan masyarakat di seluruh Indonesia, Amerika Serikat juga akan terlibat dengan para pembuat kebijakan di Indonesia dalam mengatasi kebutuhan tenaga kerja seperti investasi strategis, pelatihan tenaga kerja, dan kebijakan transisi yang adil dan adil untuk memastikan pekerja mendapatkan manfaat dari perubahan tersebut. industri energi bersih. Presiden Biden menyambut baik Indonesia dalam Greening Government Initiative (GGI), sebagai platform kerja sama dalam isu-isu ini.

Kedua negara memuji kerja sama bilateral pemerintah-swasta untuk melakukan studi kelayakan penerapan teknologi reaktor modular kecil (small modular reactor/SMR) untuk transisi energi ramah lingkungan. Upaya ini tercakup dalam Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global dengan pendanaan baru melalui program Foundational Infrastructure for Responsible Use of SMR Technology (FIRST) atau Infrastruktur Dasar untuk Penggunaan Teknologi SMR yang Bertanggung Jawab.

Komitmen kuat para pemimpin untuk mengatasi penyebab dan dampak perubahan iklim tercermin melalui upaya bersama seperti Kelompok Kerja Bilateral Iklim AS-Indonesia mengenai hutan, alam, dan iklim; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia-AS, Nota Kesepahaman Badan Perlindungan Lingkungan Hidup tentang Kerjasama Lingkungan Hidup; dan Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik untuk Kemakmuran.

Amerika Serikat dan Indonesia juga disebut akan memulai dialog mengenai peningkatan pendanaan iklim dan investasi di sektor hutan dan penggunaan lahan, untuk mendukung pengurangan emisi dan bioekonomi berkelanjutan.​

Adapun Indonesia dan Amerika Serikat akan terus menjalin kerja sama yang erat, termasuk dengan mitra lainnya, dalam Kemitraan Transisi Energi yang Adil (JETP) senilai USD$20 miliar untuk mewujudkan percepatan penerapan energi terbarukan dan pengurangan emisi di Indonesia sesuai jangka waktu yang disepakati di masa depan dalam Comprehensive Investment and Policy Plan (CIPP) atau Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif.

 

3 dari 4 halaman

Penangan Konflik Gaza Juga Disorot Jokowi

Penanganan konflik di Gaza juga jadi sorotan Jokowi saat bertemu Joe Biden.

"Dalam pertemuan tatap muka tadi, saya menyampaikan agar kemitraan kedua negara dapat berkontribusi terhadap perdamaian global. Karena itulah, saya mengajak Presiden Biden untuk turut menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza. Peristiwa di Gaza, Palestina ini merupakan sangat menyakitkan bagi umat manusia," ungkap Presiden Jokowi melalui unggahannya di Instagram.

Kunjungan kali ini menandai fase baru yang bersejarah dalam hubungan bilateral kedua negara, kedua pemimpin meningkatkan hubungan AS-Indonesia menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif. Presiden Biden dan Presiden Widodo merayakan tingkat kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, yang dibangun berdasarkan nilai-nilai bersama terkait demokrasi dan pluralisme, dengan mengumumkan inisiatif baru untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi warga negara dari kedua negara serta kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, aman, dan tangguh.

"Ini akan menandai sebuah era baru… dalam hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia secara keseluruhan, yang akan mempengaruhi segala hal. Hal ini termasuk meningkatkan kerja sama keamanan, khususnya keamanan maritim. Dan hal ini termasuk memperluas kerja sama kita untuk membangun rantai pasokan yang aman dan tangguh. Hal ini juga termasuk memperdalam kolaborasi kita untuk memerangi krisis iklim," ucap Joe Biden.

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi Kepimpinan Indonesia di ASEAN

Pada pertemuan tersebut, Joe Biden menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas kepemimpinan Indonesia di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN, serta menggarisbawahi komitmen AS untuk memperdalam kerja sama di Asia Tenggara dan dengan Indonesia.

"Sejak tahun 2002, Amerika Serikat telah memberikan lebih dari 6,2 miliar dolar AS untuk bantuan pembangunan, ekonomi, kesehatan, dan keamanan di Indonesia, yang juga mencakup lebih dari 2 miliar dolar untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan, serta lebih dari 1,2 miliar dolar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Joe Biden.

Selain itu, Joe Biden disebut telah meminta tambahan dana sebesar 172 juta dolar AS dalam bentuk program baru di berbagai sektor, termasuk sektor iklim dan transisi energi bersih, pertumbuhan ekonomi, dan kesehatan.

"AS adalah salah satu mitra terpenting bagi Indonesia. Dan kami sepakat untuk meningkatkan kemitraan kami menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif. Namun yang terpenting, kami harus memberikan makna yang nyata. Bagi Indonesia, kerja sama ekonomi adalah prioritas, termasuk urusan rantai pasokan," tutur Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini