Sukses

9 November 2015: Lukisan Karya Modigliani Terjual Rp2,6 Triliun, Jadi Salah Satu yang Termahal

Lukisan seorang wanita telanjang oleh seniman abad ke-20, Amedeo Modigliani, terjual pada Senin, 9 November 2015. Lukisan itu terjual seharga US$170,4 juta atau sekitar Rp2,6 triliun.

Liputan6.com, Shanghai - Di sebuah pasar seni ilegal, terdapat lukisan seorang wanita tanpa busana karya seniman abad ke-20, Amedeo Modigliani. Kagetnya, hasil karya ini terjual pada hari Senin, 9 November 2015 dengan harga fantastis.

Lukisan itu terjual seharga US$ 170,4 juta atau sekitar Rp2,6 triliun yang dibayar oleh Liu Yiqian, mantan pengemudi taksi yang kini menjadi kolektor seni miliarder. Ini merupakan harga tertinggi kedua yang pernah dibeli untuk sebuah karya seni dalam lelang.

Lukisan ini menjadi karya seni kesepuluh yang mencapai angka 18 digit di bawah palu lelang. Proses penawaran terasa tegang, dengan enam orang bersaing untuk lot tersebut, dan memakan waktu sembilan menit untuk terjual, dengan penawaran pemenang datang melalui telepon.

Melansir dari The New York Times, Liu, yang bersama istrinya Wang Wei adalah salah satu kolektor seni China yang paling terkenal, mengkonfirmasi bahwa benar dia adalah pembeli lukisan tersebut. Dia mengatakan, berencana membawa karya tersebut kembali ke Shanghai, di mana dia dan istrinya memiliki dua museum pribadi.

Penjual Modigliani, Laura Mattioli Rossi, putri dari kolektor Italia Gianni Mattioli, dijamin harga minimum sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Tepat sebelum lelang, Christie's mengumumkan bahwa pihak ketiga telah muncul untuk berbagi risiko, serta pendapatan di atas harga yang dijamin. Penjualan 34 lot malam itu menghasilkan US$ 491,4 juta (Rp7,7 triliun).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karya Lainnya Terjual Tak Kalah Mahal

Karya seni pop yang mencolok milik Roy Lichtenstein, "Nurse," dari tahun 1964, juga melampaui ekspektasi, terjual seharga US$ 95,4 juta atau sekitar Rp1,4 triliun, dengan biaya, kepada pembeli melalui telepon lainnya, jauh di atas perkiraan US$ 80 juta (Rp1,2 triliun) meskipun tidak ada "ucapan" atau "pikiran" yang biasanya meningkatkan harga karya-karya Lichtenstein.

"Nurse" mencapai tingkat harga baru untuk Lichtenstein dalam lelang. Christie's juga berbagi jaminan ini dengan pihak ketiga.

Namun, Modigliani 1917-1918 berjudul "Nu Couché," menjadi lot bintang di mana Christie's membangun lelang berjudul "Artist's Muse" yang dirancang untuk menarik pembeli internasional seni termahal di dunia. Dengan beberapa kolektor yang khawatir tentang gelembung di pasar seni kontemporer yang disebut "cutting edge," pembeli yang sadar investasi telah mencari karya seni dari periode sebelumnya. Lukisan telanjang Modigliani dianggap sebagai salah satu lukisan paling bergengsi abad ke-20.

Harga ini adalah rekor tinggi untuk Modigliani dalam lelang di masa itu, mengalahkan US$ 70,7 juta (Rp1,1 triliun) yang dibayar di New York pada November lalu untuk patung "Tête" tahun 1911-1912 miliknya. "Portrait de Paulette Jourdain" yang dibuat sekitar tahun 1919 terjual seharga US$ 42,8 juta (Rp669 miliar) dalam penjualan estate A. Alfred Taubman di Sotheby's 1 minggu sebelum lelang, jauh di atas perkiraan US$ 25 juta (Rp391 miliar).

 

3 dari 4 halaman

Banyak Bintang Besar Hadir

Di antara kolektor terkenal dan selebritas yang hadir di Christie's adalah desainer mode Valentino ("Saya datang sebagai penonton," katanya) dan Eli Broad, seorang filantropis.

Kolektor New York, Peter Brant, menyatakan bahwa penjualan tersebut "benar-benar kuat" dan menambahkan, "Mereka menyusunnya dengan baik. Beberapa harga sangat tinggi."

Penjualan pada hari Senin, 9 November 2015 itu mengatasi kekhawatiran bahwa lukisan Modigliani akan terlalu kontroversial bagi beberapa kolektor.

"Lukisan ini begitu mencolok, sensual, dan puitis dalam katalog raisonné," kata Ana Maria Celis, seorang spesialis Christie's dalam seni pascaperang dan kontemporer.

Dalam pameran pratinjau, Christie's menempatkan lukisan Modigliani dekat dengan lukisan Lucian Freud tentang putrinya yang telanjang, "Naked Portrait on a Red Sofa."

Penjualan ini membawa Modigliani ke dalam "Klub US$ 100 Juta (Rp1,5 triliun) dalam Lelang," yang anggotanya termasuk Picasso (tiga kali), Bacon, Giacometti (tiga kali), Warhol, dan Munch. Ini juga jauh dari harga yang diminta untuk karya seni sang seniman Italia selama hidupnya yang singkat dan tidak sukses (ia meninggal karena tuberkulosis pada tahun 1920 pada usia 35 tahun).

Pada musim dingin tahun 1918-1919, seorang Modigliani yang putus asa menawarkan untuk menjual seluruh isi studio Parisnya, yang mungkin mencakup "Nu Couché" milik Christie's kepada penulis Inggris Osbert dan Sacheverell Sitwell, seharga 100 pound atau US$ 300 (sekitar US$ 4.700 saat ini atau Rp73 juta). Menurut buku tahun 1978 John Pearson, "Facades: Edith, Osbert, dan Sacheverell Sitwell," kedua saudara bangsawan tersebut tidak dapat mengumpulkan uang tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Karya Lainnya

Penjualan "Artist's Muse" oleh Christie's adalah tindak lanjut yang lebih konvensional terhadap lelang "Looking Forward to the Past" yang tidak konvensional pada bulan Mei di tahun yang sama, dengan tawaran yang dipilih oleh spesialis muda Christie's, Loic Gouzer.

Penjualan itu menghasilkan US$ 705,9 juta (Rp11 triliun) dari 35 lot, termasuk US$ 179,4 juta (Rp2,8 triliun) untuk lukisan Picasso tahun 1955, "Les Femmes d'Alger (Version 'O')." Dalam penjualan tersebut, 97 persen lot terjual, dibandingkan dengan 71 persen pada penjualan malam Senin itu.

Namun, Brett Gorvy, ketua Christie's secara global untuk seni pascaperang dan kontemporer, mengatakan bahwa ia sangat puas dengan hasilnya, terutama dengan "partisipasi Asia yang sangat kuat sepanjang penjualan ini," dan menambahkan, "Ini menunjukkan pasar yang sangat dinamis untuk level Masterpiece."

"Suasana hati tentang kepercayaan diri," katanya. "Ada lebih dari cukup likuiditas di pasar."

Kedua lelang berdasarkan tema ini sangat mengandalkan jaminan Christie's terhadap harga minimum untuk membujuk pemilik karya berkualitas teratas, sebuah praktik yang semakin umum tetapi berisiko dan dapat meninggalkan rumah lelang dengan karya yang tidak terjual dan mahal.

"Penjualan ini memiliki logika tersendiri, dan mereka telah berhasil," kata David Nisinson, seorang kolektor dan penasihat berbasis di New York. "Pasar seni modern dan kontemporer pada dasarnya telah menjadi seluruh pasar seni. Jika mereka terus menarik properti-proper besar, kita mungkin akan melihat lebih banyak penjualan dengan pendekatan ini."

Pengamat lainnya lebih skeptis, mengatakan bahwa rumus ini sedikit terlalu memudar saat kedua kalinya. Tema "Muse" cukup elastis bagi Christie's untuk menyertakan lukisan Andy Warhol tahun 1981 berjudul "Gun." Lukisan ini terjual seharga US$ 11,9 juta (Rp186 miliar), dengan biaya, sedikit di bawah perkiraan tertinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini