Sukses

Ramai Emoji Semangka Jadi Simbol Dukungan Palestina, 3 Buah Ini Juga Disebut Lambang Identitas Negara Itu

Belakangan ini banyak pengguna media sosial menggunakan emoji semangka sebagai simbol dukungan terhadap Palestina. Tahukah Anda bahwa ketiga buah berikut ini juga dianggap sebagai lambang negara tersebut?

Liputan6.com, Al Quds - Apa kesamaan yang dimiliki semangka, jeruk, zaitun, dan terong?

Secara teknis, semuanya adalah buah-buahan. Mungkin Anda mengira semuanya enak. Namun bagi warga Palestina, buah-buah tersebut melambangkan budaya dan identitas Palestina.

Sebagai bentuk protes, pertanian, kuliner, dan sastra, warga Palestina menggunakan semangka, jeruk, zaitun, dan terong untuk mewakili identitas nasional, hubungan dengan tanah air, dan perlawanan.

Belakangan ini pula, banyak pengguna media sosial menggunakan emoji semangka sebagai simbol dukungan terhadap Palestina. 

Dilansir Al Jazeera, Kamis (2/11/2023), berikut adalah kaitan buah-buahan tersebut dengan Palestina:

1. Semangka 

Semangka mungkin merupakan buah paling ikonik yang mewakili Palestina. Tumbuh di seluruh Palestina, dari Jenin hingga Gaza, buah ini memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina – merah, hijau, putih dan hitam – sehingga digunakan untuk memprotes penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Setelah perang tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza dan mencaplok Yerusalem Timur, pemerintah melarang bendera Palestina di wilayah pendudukan.

Meski bendera tidak selalu dilarang oleh undang-undang, semangka dianggap sebagai simbol perlawanan. Gambar atau unsur semangka muncul dalam karya seni, kemeja, grafiti, poster, dan tentu saja emoji semangka yang ada di mana-mana di media sosial.

Baru-baru ini, bendera tersebut kembali mendapat kecaman. Pada Januari 2023, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir menginstruksikan polisi untuk menyita bendera Palestina dari tempat umum. Hal ini diikuti pada bulan Juni dengan rancangan undang-undang yang melarang penggunaan bendera di lembaga-lembaga yang didanai negara, yang menurut laporan Haaretz telah mendapat persetujuan awal dari Knesset.

Sebagai tanggapan, Zazim, sebuah organisasi perdamaian akar rumput Arab-Israel, memasang gambar semangka di sejumlah taksi di Tel Aviv.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jeruk

Jeruk Jaffa, yang berasal dari abad ke-19, terkenal karena rasa manisnya dan kulitnya yang tebal dan mudah dikupas.

Sebelum Nakba, atau malapetaka, pada tahun 1948 ketika pembentukan negara Israel menyebabkan pengusiran lebih dari 750.000 warga Palestina dari desa dan kota tempat nenek moyang mereka tinggal selama berabad-abad, jeruk Jaffa merupakan ekspor penting bagi petani dan pengusaha Palestina.

Karena keunggulannya, jeruk juga menjadi simbol identitas nasional dalam bidang sastra dan seni. Novelis dan jurnalis Palestina Ghassan Kanafani menggunakan jeruk untuk melambangkan kehilangan dalam cerita pendeknya tahun 1958 tentang Nakba, berjudul The Land of Sad Oranges.

Cerita dimulai dengan narator dan temannya, keduanya laki-laki, mengamati keluarga mereka pada malam Nakba. Keluarga-keluarga tersebut mengemas apa yang mereka bisa, namun mereka terpaksa meninggalkan “pohon jeruk yang terawat baik yang telah (mereka) beli satu per satu”.

Fakta bahwa pohon-pohon ini dirawat dengan hati-hati dalam jangka waktu yang lama menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara petani Palestina dan tanah tersebut, yang terpaksa ditinggalkan oleh ratusan ribu orang selama Nakba.

Kontak terakhir narator dengan Palestina sebelum memasuki Lebanon adalah seorang petani yang menjual jeruk di sepanjang jalan. Di tengah suara tangisan keluarganya, dia mengambil beberapa buah jeruk dan membawanya ke Lebanon – sebuah kenang-kenangan untuk “semua pohon jeruk yang [mereka] tinggalkan untuk orang-orang Yahudi”.

Di Lebanon, hidup sangat sulit bagi para pengungsi, khususnya ayah temannya. Cerita berakhir setelah narator menyaksikan ayah temannya mengalami gangguan mental. Di samping orang dewasa yang menangis dan menggigil, narator “pada saat yang sama melihat [sebuah] pistol hitam… dan di sampingnya ada pistol oranye. Jeruknya sudah kering dan layu.”

Pistol, simbol kematian, dihubungkan dengan warna oranye yang layu melalui tatapan narator. Diusir secara paksa dari “negeri jeruk”, narator menyadari betapa besarnya kerugian yang dialami rakyat Palestina.

3 dari 4 halaman

3. Zaitun

Pohon zaitun dapat ditemukan di seluruh Palestina dan merupakan simbol perlawanan. Nour Alhoda Akel, warga Palestina berusia 23 tahun dari lembah Ara, percaya bahwa pohon zaitun diasosiasikan dengan identitas Palestina karena, seperti pohon jeruk dalam cerita Kanafani, pohon zaitun mewakili hubungan mendalam orang Palestina dengan tanah air mereka.

"Pohon zaitun bisa hidup ratusan tahun," kata Akel.

"Jadi kalau pohon di luar rumah saya berumur 100 tahun, otomatis saya terhubung dengannya," mengacu pada tanah tempat pohon itu berdiri.

Setiap tahun saat panen zaitun, Akel bergabung dengan keluarga besarnya untuk memetik buah zaitun dari kebun mereka, yang merupakan pusaka keluarga.

Dalam beberapa tahun terakhir, pohon zaitun Palestina diserang oleh pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki. Menurut PBB, lebih dari 5.000 pohon zaitun milik warga Palestina di Tepi Barat dirusak dalam lima bulan pertama tahun 2023.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pemukim menyerang warga Palestina saat panen zaitun, yang biasanya jatuh pada bulan Oktober dan November. Pada suatu hari saja di bulan Oktober 2021, Al Jazeera melaporkan bahwa pemukim mencabut 900 pohon zaitun dan aprikot, serta mencuri tanaman zaitun di desa Sebastia, sebelah utara Nablus.

4 dari 4 halaman

4. Terong

Dalam fotonovel Edward Said tentang identitas Palestina, berjudul After the Last Sky, ia mencurahkan beberapa halaman untuk membahas terong, khususnya yang berasal dari Battir.

Battir adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal dengan terongnya. Bahkan secara berkala diadakan festival terong.

Bagi Said, terong adalah salah satu cara dirinya terhubung dengan Palestina meski tinggal di Amerika Serikat. Dia menjalani sebagian besar hidupnya sebagai orang buangan. Pada saat buku ini ditulis, Said masih menjadi anggota Palestine Liberation Organization (PLO), sehingga Israel melarang dia memasuki tanah airnya.

Said menceritakan bahwa keluarganya sangat menyukai terong Battiri.

Bahkan “selama bertahun-tahun sejak kami memiliki terong Battiri, tanda persetujuan terhadap terong yang baik adalah 'Terong ini hampir sama baiknya dengan terong Battiri,'” tulisnya.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini