Sukses

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai Melawat ke Indonesia, Siap Beber Kerja Sama dengan ASEAN

Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Katherine Tai, telah menjadwalkan perjalanan penting dalam agenda diplomatiknya ke negara Asia, salah satunya ke Indonesia.

Liputan6.com, Semarang - Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Katherine Tai, telah menjadwalkan perjalanan penting dalam agenda diplomatiknya ke negara Asia.

Melansir dari siaran tertulisnya yang dikutip Selasa (22/8/2023), Katherine Tai akan melawat ke dua negara, yaitu Indonesia dan India, dalam rentang tanggal 20 hingga 26 Agustus 2023.

Dubes Tai dijadwalkan mengunjungi Semarang, Indonesia pada awal perjalanannya tanggal 20 hingga 22 Agustus. Kunjungan ini bertujuan untuk mengikuti Konsultasi Menteri Ekonomi ASEAN dengan USTR (Association of Southeast Asian Nations Economic Ministers’ (AEM)-USTR Consultations). 

Dalam kesempatan ini, Dubes Tai dijadwalkan memaparkan hasil kerja sama yang mengesankan, yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Amerika Serikat dan anggota ASEAN. 

Puncak kunjungan di Semarang dilaksanakan pada 21 Agustus, di mana Dubes Tai akan mengambil bagian dalam Pertemuan Menteri Ekonomi KTT Asia Timur ke-11 (the 11th East Asia Summit Economic Ministers’ Meeting). 

Di samping itu, Dubes Tai dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral yang signifikan dengan Menteri Perdagangan Indonesia, Zulkifli Hasan. 

"Interaksi dengan perwakilan masyarakat sipil serta para pemimpin bisnis juga tertera dalam jadwal, yang akan membahas topik investasi dan peranan Pemerintahan Biden-Harris dalam wilayah tersebut," lapor siaran tertulis dari Perwakilan Dagang Amerika Serikat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjut Melawat ke India

Setelah perjalanan singkat di Indonesia, Dubes Tai akan melanjutkan perjalanannya ke Jaipur, India pada 23 hingga 25 Agustus. Di kota ini, Dubes Tai akan mengambil bagian dalam Pertemuan Menteri Perdagangan dan Investasi G20. 

Dalam sesi G20 yang dihadirinya, topik utama adalah tentang bagaimana peningkatan perdagangan multilateral dapat membantu mewujudkan kemakmuran yang inklusif serta meningkatkan ketahanan global. 

Selama kunjungannya di Jaipur, Dubes Tai juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral yang akan memberikan kontribusi berharga pada dinamika hubungan bilateral kedua negara.

Perjalanan diplomatik Duta Besar Tai akan mencapai puncaknya pada tanggal 26 Agustus, ketika beliau tiba di New Delhi, India. Di kota ini, Dubes Tai dijadwalkan akan menjalin kontak dengan para pemimpin bisnis dan mengadakan pertemuan bilateral dengan perwakilan pejabat pemerintah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini