Sukses

Kebakaran Maui Hawaii: Korban Tewas Jadi 89 Orang, Jadi Salah Satu Bencana Paling Mematikan di AS

Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan Maui sekarang mencapai 89 orang, kata para pejabat pada Sabtu 12 Agustus 2023 waktu setempat.

Liputan6.com, Maui - Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan Maui Hawaii sekarang mencapai 89 orang, kata para pejabat pada Sabtu 12 Agustus 2023 waktu setempat, menjadikannya salah satu kebakaran hutan paling mematikan dalam lebih dari satu abad sejarah Amerika Serikat.

Jumlah korban tewas terbaru melebihi 85 orang yang tewas dalam kebakaran 2018 di kota Paradise, California, dan merupakan korban tertinggi dari kebakaran hutan sejak 1918, ketika kebakaran Cloquet di Minnesota dan Wisconsin merenggut 453 nyawa, demikian seperti dikutip dari AP, Minggu (13/8/2023).

Skala kerusakan menjadi sorotan, ketika tim pencari dengan anjing pelacak menyaring reruntuhan Lahaina, Maui, empat hari setelah kobaran api yang bergerak cepat meratakan kota resor bersejarah itu, melenyapkan bangunan dan melelehkan mobil.

Biaya untuk membangun kembali Lahaina diperkirakan mencapai $ 5,5 miliar, menurut Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), dengan lebih dari 2.200 struktur rusak atau hancur dan lebih dari 2.100 hektar (850 hektar) terbakar.

Gubernur Hawaii Josh Green memperingatkan pada konferensi pers pada Sabtu 12 Agustus bahwa jumlah korban tewas akan terus meningkat karena lebih banyak mayat ditemukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Peringatan Dini di Maui Hawaii Jadi Sorotan

Para pejabat berjanji untuk memeriksa sistem peringatan dini Hawaii setelah beberapa warga mempertanyakan apakah lebih banyak yang bisa dilakukan untuk memperingatkan orang-orang sebelum kebakaran membakar rumah mereka. Beberapa bahkan terpaksa menyeberang ke Samudra Pasifik untuk melarikan diri.

Sirene yang ditempatkan di sekitar pulau - dimaksudkan untuk memperingatkan bencana alam yang akan datang - tidak pernah berbunyi, dan pemadaman listrik dan seluler yang meluas menghambat bentuk peringatan lainnya.

Pejabat setempat telah menggarisbawah multi-faktor 'mimpi buruk' dari kebakaran di Maui.

Faktor itu termasuk kegagalan jaringan komunikasi, hembusan angin kencang dari badai lepas pantai dan kebakaran hutan terpisah puluhan mil jauhnya, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk berkoordinasi secara real time dengan lembaga manajemen darurat yang biasanya akan mengeluarkan peringatan dan perintah evakuasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini