Sukses

Misteri Benda Silinder di Pantai Florida, Rudal AS Era PD II atau Peluru Kendali Israel?

Polisi dan pejabat Angkatan Laut di Florida sedang berusaha mengidentifikasi objek silindris misterius yang ditemukan oleh seorang penyelam di lepas pantai Palm Beach, Florida, pada Kamis 29 Juni 2023.

Liputan6.com, Florida - Polisi dan pejabat Angkatan Laut di Florida, sedang berusaha mengidentifikasi objek silindris misterius yang ditemukan oleh seorang penyelam di lepas pantai Palm Beach, Florida, AS, pada Kamis 29 Juni 2023.

Dilansir dari UPI, Jumat (7/7/2023), kejadian ini menarik perhatian Departemen Kepolisian Palm Beach ketika Andre Eimor seorang penyelam snorkeling menemukan objek besar berwarna hijau di dekat blok 600 North County Road.

Tim Pencarian Bawah Laut dan Pemulihan dari kepolisian segera merespons temuan objek silender misterius tersebut. Dalam rangka mencari jawaban yang pasti, mereka bekerja sama dengan Kantor Sheriff Palm Beach County Florida dan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Pada awalnya, objek tersebut diduga sebagai misil atau rudal latihan militer AS yang tidak meledak. Namun, Kapten Will Rothrock dari kepolisian menegaskan bahwa identitas sebenarnya dari objek tersebut masih belum dapat dipastikan.

Walaupun objek tersebut telah dibuang oleh angkatan laut AS dengan aman, upaya untuk mengidentifikasi objek ini tidak berhenti di situ. 

Penyelidikan ini penting bukan hanya untuk memahami asal-usul dan sifat objek misterius tersebut, teapi juga untuk menjamin keamanan dan kepentingan publik.

Identifikasi objek yang akurat dapat menghindari kekhawatiran dan spekulasi yang tidak perlu. Oleh karena itu, para penyelidik berkomitmen untuk bekerja secara teliti dan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia untuk mengungkap misteri yang melingkupi objek silindris yang ditemukan di lepas pantai Palm Beach, Florida.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teori dan Spekulasi: Torpedo Perang Dunia II?

Selama proses identifikasi objek misterius ini berlangsung, muncul beberapa spekulasi menarik mengenai asal usulnya.

Andre Eimor, penyelam snorkeling yang pertama kali menemukan objek tersebut, mengungkapkan bahwa objek tersebut memiliki kemiripan dengan rudal. Namun, dalam wawancara dengan WSVN-TV, David Marger, seorang penyelam snorkeling lain yang juga berjumpa dengan objek tersebut, memberikan teori menarik bahwa objek ini mungkin merupakan torpedo buangan dari era Perang Dunia II.

Menurut Marger, ada kemungkinan besar bahwa objek misterius ini merupakan sisa-sisa dari masa ketika Angkatan Laut Amerika Serikat memiliki banyak kapal yang beroperasi di wilayah Palm Beach selama Perang Dunia II. Teori ini semakin memperdalam misteri seputar objek tersebut, karena jika benar maka ada cerita yang tersembunyi di balik keberadaan objek ini.

 

3 dari 4 halaman

Pendekatan Teknologi: Google Lens Mengungkap Kemiripan dengan Peluru Kendali Israel

Untuk membantu mengidentifikasi objek misterius yang ditemukan di lepas pantai Palm Beach, Florida, penyelidik telah menggunakan teknologi modern sebagai salah satu pendekatan mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Lens, sebuah teknologi pencarian gambar yang memanfaatkan kecerdasan buatan.

Dengan menggunakan foto objek tersebut, Google Lens melakukan pencarian dan menemukan hasil yang menarik.

Hasil pencarian teknologi ini menunjukkan adanya kemiripan objek dengan peluru kendali 105 mm "rakefet" HE yang digunakan oleh Tentara Israel pada tahun 1970-an. Temuan ini menambah kebingungan dalam kasus ini.

Bagaimana mungkin objek yang ditemukan di lepas pantai Florida, yang tampaknya terkait dengan militer Amerika Serikat, memiliki kesamaan dengan peluru kendali Israel.

Faktanya, kemiripan ini menimbulkan spekulasi dan dugaan baru mengenai asal usul objek tersebut. 

4 dari 4 halaman

Temuan Serupa Pernah Terjadi di Indonesia

Tak hanya di luar negeri, temuan serupa berupa benda mirip rudal juga pernah terjadi di Indonesia. Seorang nelayan menemukan benda mencurigakan yang mirip rudal di tepi pantai Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Nelayan bernama Arifin Lewa itu sedang mencari umpan untuk memancing di tepi pantai saat menemukannya. Saat itu Arifin tak merasa curiga karena mengira benda itu hanyalah pipa biasa.

Adapun ciri-ciri benda menyerupai rudal itu berukuran sekitar 1,20 sentimeter dengan berat sekitar 5 kilogram. Selain itu terdapat juga tulisan, No. register 26350 dan tulisan WARNING Contains Co2 Gas Under High Pressure Do Not Expose To Temperatur Above 130F (54C) Do Not Drop.

Di bagian tengah benda yang terbuat dari besi itu ditemukan gambar bendera Amerika Serikat dan tulisan Made In USA. Kapolsek Pasimasunggu, Iptu Danial membenarkan perihal penemuan benda misterius tersebut. Dia mengatakan bahwa benda mirip rudal itu akhirnya diamankan ke markas Polsek Pasimasunggu. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini