Sukses

Presidensi India di G20 Masuk Agenda ETWG ke-3, Bahas Apa?

Rangkaian Presidensi India terus bergulir, belum lama ini Agenda utama pertemuan Energy Transitions Working Group (ETWG) ke-3.

Liputan6.com, New Delhi - Rangkaian Presidensi India terus bergulir, belum lama ini Agenda utama pertemuan Energy Transitions Working Group (ETWG) ke-3 dilakukan dengan melakukan pembahasan rinci tentang rancangan Komunike Menteri dan melibatkan diskusi dan pertimbangan yang konstruktif di bidang-bidang prioritas.

Dikutip dari laman asianlite, Rabu (7/6/20230) negara-negara anggota mempresentasikan sudut pandang masing-masing.

Telah ada konsensus mengenai proposal di bidang transisi energi di bawah Kepresidenan G20 India.

Para pemimpin global memberikan konsensus untuk memberikan prioritas tinggi untuk memastikan akses universal ke energi modern dan berkelanjutan bagi semua orang dalam Pertemuan Kelompok Kerja Transisi Energi (ETWG) ke-3 yang baru saja selesai di bawah Kepresidenan G20 India.

Agenda utama pertemuan ETWG ke-3 adalah pembahasan rinci tentang rancangan Komunike Menteri dan melibatkan diskusi dan pertimbangan yang konstruktif di bidang-bidang prioritas.

Negara-negara anggota mempresentasikan sudut pandang masing-masing. Telah ada konsensus mengenai proposal di bidang transisi energi di bawah Kepresidenan G20 India.

Hal yang paling menonjol adalah konsensus untuk memberikan prioritas tinggi untuk memastikan akses universal ke energi modern dan berkelanjutan untuk semua. Ada enam bidang prioritas yang diuraikan di bawah Kepresidenan G20 India.

Area prioritas ini mencerminkan fokus India pada berbagai aspek transisi energi dan membangun kerja sama global menuju pengembangan energi yang berkelanjutan dan bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

India Resmi Jadi Ketua G20, Isu Iklim Jadi Fokus Utama

India secara resmi mengambil perannya sebagai ketua Kelompok 20 Ekonomi Terkemuka (G20) untuk tahun yang akan datang pada hari Kamis (1/12) dan menempatkan iklim sebagai prioritas utama kelompok tersebut.

Program-program untuk mendorong kehidupan dan keuangan yang berkelanjutan bagi negara-negara yang beralih ke energi bersih dan mengatasi dampak pemanasan dunia adalah beberapa bidang utama yang akan menjadi fokus India selama masa kepresidenannya, kata para ahli.

Beberapa pihak mengatakan India juga akan menggunakan posisi barunya untuk meningkatkan kredensial iklimnya dan bertindak sebagai jembatan antara kepentingan negara industri dan negara berkembang, dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (1/12/2022).

Negara ini telah mengambil banyak langkah untuk mencapai sasaran iklimnya dalam beberapa tahun terakhir, tetapi saat ini masih menjadi salah satu penghasil emisi gas terbesar di dunia.

G20, yang terdiri dari 20 ekonomi terbesar di dunia, memiliki kepresidenan bergilir yang bertanggung jawab atas agenda dan prioritas kelompok tersebut setiap tahunnya. Para ahli yakin India akan menggunakan kepresidenan G20-nya untuk memajukan rencana iklim dan pembangunannya.

India telah meningkatkan kredensial iklimnya, dengan target-target domestiknya baru-baru ini untuk beralih ke energi terbarukan yang lebih ambisius daripada target-target yang diajukannya ke PBB sebagai bagian dari Perjanjian Paris, yang mengharuskan negara-negara menunjukkan bagaimana mereka berencana membatasi pemanasan hingga target suhu yang ditetapkan pada tahun 2015.

3 dari 3 halaman

India Ambil Alih Kepresidenan G20

Perhelatan KTT G20 tahun 2022 telah berakhir. Kelompok 20 ekonomi terkemuka itu menyatakan bahwa sebagian besar dari mereka mengutuk keras perang di Ukraina dan memperingatkan bahwa konflik tersebut semakin merapuhkan ekonomi dunia.

Mengambil palu dari Presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri India Narendra Modi, yang negaranya akan mengambil alih kursi kepresidenan G20, mengatakan India akan berusaha "memajukan inisiatif Indonesia yang terpuji."

“Hadirin yang terhormat, India memikul tanggung jawab G20 pada saat dunia menghadapi ketegangan geopolitik, resesi ekonomi, kenaikan harga pangan dan energi, sekaligus efek buruk jangka panjang akibat pandemi,” kata Modi.

Deklarasi penutupan KTT pada Rabu sore sangat penting dalam menyoroti perang itu mengingat perpecahan di antara kelompok tersebut, yang tidak hanya mencakup Rusia tetapi juga negara-negara seperti China dan India yang memiliki hubungan perdagangan yang signifikan dengan Rusia. Kedua negara tidak mengecam secara langsung perang tersebut.

Namun, KTT itu mengakui "ada pandangan lain dan penilaian yang berbeda" dan menyatakan bahwa G20 "bukan forum untuk menyelesaikan masalah keamanan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.