Sukses

3 Tahun Vakum Akibat Pandemi COVID-19, KBRI Manila-Diaspora Indonesia Gelar Lagi Indonesia Bazaar 2023 di Filipina

Acara tahunan Indonesia Bazaar 2023 kini diadakan kembali setelah terhenti akibat pandemi COVID-19. Terdapat 30 stand bazaar yang tersedia, KBRI Manila Dukung Indonesia Diaspora Network Chapter Philippines menjadi agen promosi Indonesia di Filipina.

Liputan6.com, Manila - Sebuah kolaborasi antara Indonesia Diaspora Network Chapter Filipina dengan KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) membuahkan acara Indonesia Bazaar 2023 bertemakan "Pesta Rasa Nusantara". Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 18-20 Mei 2023, pukul 10.00-15.00 di halaman gedung kantor KBRI Manila. 

Terdapat 30 stand bazaar yang menjual berbagai makanan dan minuman, pakaian dan aksesoris, serta barang retail Indonesia lainnya. Sejumlah kegiatan hiburan juga disajikan untuk para peserta selama bazaar, termasuk kompetisi photo booth, pembelian online, demo memasak, permainan menyenangkan, pertunjukan live band, kelas Zumba, seminar kesehatan, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Mengutip keterangan tertulis dari KBRI Manila, Jumat (26/5/2023), Indonesia Bazaar merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Diaspora Indonesia di Manila sejak tahun 2017. Namun penyelenggaraannya sempat terhenti pada 2020 akibat pandemi COVID-19 dan tiga tahun kemudian pada 2023 kembali digelar dengan konsep yang luar biasa!

Acara tersebut bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan Komunitas Indonesia yang berkembang pesat di Filipina yang mempromosikan berbagai produk ekspor, kuliner, dan budaya Indonesia.

Diaspora Indonesia yang berpartisipasi dalam Bazaar 2023 antara lain Island Style, Indofun Mart, DWP, Almade, Arumanis, Kampoeng Indo PH, RH 1024, Rumah Makan Padang Huang Jia, Warung Pinoy, Tuahta, ICFood, Alyn's Kitchen, Kantin Idola Nusantara, Depot Selera, Rasa Baru, Gamita, Weywey & The Oven, Citra Minang, Indorasa, Happy Salad & Rolls, Indomarket Filipina dan Bakmi Nyonya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Untuk Diaspora Indonesia

Indonesia Bazaar 2023 dibuka secara resmi oleh Duta Besar LBBP RI Manila bersama-sama dengan perwakilan Pemerintah Kota Makati City dan para undangan yang berasal dari perwakilan kedutaan negara ASEAN di Filipina, Kemlu Filipina, dan media massa lokal. 

Duta Besar RI Agus Widjojo berharap, sambil mengembangkan kewirausahaan dan bisnisnya, Diaspora Indonesia juga bisa menjadi agen promosi Indonesia di Filipina.

KBRI akan mendukung kegiatan diaspora Indonesia dalam mengoptimalkan dan memberdayakan potensi mereka.

Indonesia Bazaar tahun ini didukung oleh PT Kalbe International, Glorious Dexa Mandaya. Inc, dan Vouno Trade And Marketing Services Corp. (Mayora).

3 dari 4 halaman

Sponsor Indonesia Bazaar 2023

Ketiga perusahaan Indonesia yang telah memberikan dukungannya bagi kegiatan ini merupakan perusahaan Indonesia yang telah berhasil memasuki dan memiliki pangsa besar di Filipina.

Kalbe International, anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk, masuk ke pasar Filipina dengan produk seperti Entrasol, Diabetasol, Fitbar, Extra Joss, dan lain-lain.

Selanjutnya, Glorious Dexa Mandaya. Inc mulai mengekspor ke Filipina pada 2004 dan mendirikan perusahaan pada tahun 2013. Produk Dexa antara lain Stimuno, Disolf, Anerdic, Inbumin, dan Inlacin, saat ini diterima dengan baik dan tersedia secara luas di Filipina.

Mayora di bawah Vouno Trade and Marketing Services Corp. memasuki pasar Filipina pada 2007, dengan produknya seperti Kopiko, Teh Pucuk Harum, Le Minerale, Superstar Wafer, Malkist Wafer, Beng-Beng. Produk-produk Indonesia ini banyak tersedia di supermarket dan minimarket di seluruh pelosok Filipina.

4 dari 4 halaman

Bazar Kuliner KTT ASEAN 2023

Sementara itu, berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut ASEAN Summit 2023 atau KTT ASEAN 2023 yang terlaksana pada 9--10 Mei 2023 di di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satu yang mencuri perhatian adalah serangkaian pesta rakyat.

Dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Minggu (30/4/2023), Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan pesta rakyat tersebut terselenggara melalui kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Gelaran yang akan berlangsung di sela-sela KTT ASEAN 2023, yakni street carnival, Festival Goa Batu Cermin, SMEs Hub, serta lainnya.

"Pesta Rakyat ini terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show. Kehadiran side event ini ditujukan untuk melibatkan masyarakat lokal secara aktif, salah satunya melalui dukungan ekosistem kreatif atau UMKM di Labuan Bajo," kata Shana.

Untuk baca selengkapnya mengenai Pesta Rakyat di Labuan Bajo pada KTT ASEAN 2023, klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.