Sukses

Daftar Bunga Paling Langka dan Unik, Bunga Bangkai Asli Indonesia Salah Satunya

Delapan bunga terlangka yang ada di dunia mulai dari bentuk fitur uniknya, status konservasi, signifikansi budaya, dan tantangan dalam menumbuhkannya. Ada dari Indonesia salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta - Bunga merupakan salah satu komponen penting dari dunia alami kita.

Bunga juga menawarkan keindahan dan keharuman yang menyenangkan bagi lingkungan sekitarnya. Namun, ada beberapa jenisnya yang sangat langka dan dianggap sebagai permata dunia botani. 

Berikut ini Liputan6.com rangkum delapan bunga langka yang ada di dunia mulai dari bentuk fitur uniknya, status konservasi, signifikansi budaya, dan tantangan dalam menumbuhkannya, salah satunya asli Indonesia, dikutip dari natureofhome.com, Rabu (24/5/2023):

1. Bunga Kadupul 

The Night-Blooming Cereus, Kadapul, atau nama ilmiahnya, Epiphyllum oxypetalum, adalah bunga langka yang hanya mekar di malam hari.

Bunga ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan sangat dicari karena keindahannya yang luar biasa dan keharumannya yang menawan. Bunga ini juga dikenal sebagai “Queen of the Night” atau "Ratu Malam" karena kelangkaan dan penampilannya yang menakjubkan.

Kadupul memiliki makna spiritual yang signifikan dalam budaya Sri Lanka. Sifat fana melambangkan ketidakkekalan hidup dan pentingnya menghargai keindahan di saat ini. Di Sri Lanka, bunga ini sering digunakan dalam ritual dan persembahan Buddha.

Sementara beberapa negara mengklaim, bunga itu sejatinya hanya tumbuh di Sri Lanka, tapi yang lain berpendapat bunga itu dapat ditemukan di India, Jepang, China, dan Amerika Latin.

Secara historis, Night-Blooming Cereus telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan ritual budaya oleh masyarakat adat Amerika Tengah dan Selatan. Penggunaan obatnya termasuk mengobati kondisi kulit bermasalah, masalah pencernaan, dan masalah pernapasan. Bunga yang mekar di malam hari juga menjadikannya simbol misteri dan kelahiran kembali di berbagai budaya.

Sayangnya, Night-Blooming Cereus sangat terancam punah karena hilangnya habitat dan pengambilan yang berlebihan.

Namun, upaya konservasi telah dilakukan untuk melindungi bunga yang tidak biasa dan indah ini, seperti membuat kawasan lindung dan menyebarkan bunga di kebun raya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Yellow and Purple Lady Slippers Cypripedium Calceolus

Yellow and Purple Lady Slippers Cypripedium Calceolus atau Bunga Sandal Wanita Kuning dan Ungu, Cypripedium calceolus, dan Cypripedium reginae merupakan anggrek yang sangat indah dan langka yang berasal dari Amerika Utara. Anggrek ini memamerkan bunga halus berbentuk sandal yang sangat didambakan karena keindahannya yang menakjubkan.

Bunga ini memiliki makna sejarah bagi suku asli Amerika dan pemukim Eropa awal, yang menggunakan tanaman ini untuk khasiat obatnya. Penduduk asli Amerika percaya bahwa akar bunga ini dapat meredakan kecemasan dan kegugupan, sementara para pemukim menggunakannya untuk mengobati penyakit seperti sakit gigi dan insomnia.

Sayangnya, bunga ini berada dalam bahaya besar karena hilangnya habitat dan pengambilan yang berlebihan. Untuk menjaga anggrek langka dan indah ini, upaya konservasi telah dimulai.

3. Ghost Orchid (Anggrek Hantu) 

Ghost Orchid atau Anggrek Hantu, juga dikenal sebagai Dendrophylax lindenii, adalah anggrek langka yang ditemukan di rawa-rawa dan lahan basah Florida, Kuba, dan Bahama. Dinamai berdasarkan bunga putih hantu yang tampak melayang di udara, memberikan penampilan dunia lain dan halus.

Pertama kali ditemukan pada abad ke-19, Anggrek Hantu telah menjadi objek daya tarik bagi para ahli botani dan kolektor. Suku Seminole Florida, di mana bunga itu berasal, secara historis menggunakan tanaman dalam pengobatan tradisional mereka untuk mengobati berbagai penyakit.

Bunga unik ini tidak memiliki daun dan klorofil sehingga mengandalkan jamur untuk mendapatkan nutrisi. Itu juga diserbuki oleh spesies ngengat tertentu yang tertarik dengan aromanya yang memikat. Sayangnya, perusakan habitat aslinya membuat Ghost Orchid semakin langka, saat ini terdaftar sebagai Terancam Punah.

3 dari 4 halaman

4. Bunga Bangkai

Amorphophallus titanum, atau Bunga Bangkai, adalah bunga yang tidak dikenal namun cukup langka yang berasal dari Indonesia.

Bunga ini mengeluarkan bau busuk yang kuat menyerupai daging busuk untuk menarik penyerbuk, seperti kumbang bangkai dan lalat. Itu juga tidak memiliki akar, daun, dan bahkan batang. Tampaknya hanya memiliki satu kelopak, berbentuk kerucut dan hijau di bagian luar dengan warna merah anggur di dalamnya.

Bunga ini dapat tumbuh setinggi 3 meter, dan diserbuki oleh kumbang bangkai, dan lalat daging tertarik pada aromanya yang khasnya.

Ahli botani Italia Odoardo Beccari pertama kali menemukan Bunga Bangkai pada tahun 1878 di Sumatera. Baunya yang khas dan penampilannya yang unik menjadikannya bagian penting dari cerita rakyat dan ritual Indonesia.

Dalam beberapa budaya, bunga ini dipercaya memiliki kekuatan mistik, menawarkan perlindungan dari roh jahat.

Bunga Bangkai terdaftar sebagai bunga yang rentan punah, karena hilangnya habitat dan jarangnya peristiwa mekarnya.

5. Youtan Poluo

Youtan Poluo, juga dikenal sebagai Nelumbo nucifera, adalah bunga unik dan langka yang berasal dari Tiongkok. Bunga ini disebut juga "Tangan Buddha" karena bentuknya yang seperti tangan. 

Sangat dihargai dalam budaya Tiongkok, Youtan Poluo memiliki makna spiritual yang signifikan. Padahal, menurut legenda, bunga ini hanya mekar setiap 3.000 tahun sekali, menjadikannya salah satu bunga terlangka di dunia. 

Disebutkan dalam teks Buddhis, Youtan Poluo ditemukan pada tahun 2010 di kediaman biarawati di Gunung Lushan, yang terletak di provinsi Jiangxi.

Terkait dengan reinkarnasi Buddha, diyakini membawa keberuntungan dan kemurnian. Youtan Poluo juga digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan upacara keagamaan. Selain itu, bunga langka ini telah dikaitkan dengan Sang Buddha sendiri dan diyakini mekar hanya ketika seorang resi agung hadir di dunia.

4 dari 4 halaman

6. Pohon Anggur Giok

Berasal dari Filipina, bunga Strongylodon macrobotrys sangat menakjubkan dan tidak biasa. Pohon anggur giok memiliki gugusan bunga berwarna biru kehijauan yang panjang serta menjuntai yang menyerupai batu giok, karena itulah namanya. Bunga ini diserbuki oleh kelelawar, yang tertarik dengan warna cerah dan nektarnya yang manis.

Warnanya yang unik dan tampilannya yang memukau menjadikannya simbol keindahan alam, dan sering digunakan dalam pernikahan tradisional Filipina dan upacara lainnya.

Bunga berbentuk cakar yang dapat tumbuh hingga 3 meter panjangnya dan dianggap sebagai salah satu bunga paling langka karena penggundulan hutan yang mendorongnya mendekati kepunahan. 

Ancaman utama terhadap Jade Vine adalah hilangnya habitat karena penggundulan hutan dan perluasan pertanian. Upaya konservasi meliputi penetapan kawasan lindung, program penghijauan, dan pembudidayaan bunga langka ini di kebun raya untuk penelitian dan pendidikan masyarakat.

7. Juliet Rose, Mawar Terlangka di Dunia

Mawar Juliet, dianggap sebagai mawar paling langka di dunia, dan juga salah satu bunga terunik di dunia. Butuh waktu 12 tahun bagi David Austin (pemulia mawar) dan $3,7 juta (Rp55 miliar) untuk membudidayakan mawar teh ini di Inggris. 

Bunga yang menampilkan kelopak buah persik dan aprikot yang terbuka untuk memperlihatkan mekar yang lebih kecil di jantung saat mekar penuh, menjadikannya mawar yang unik dan menakjubkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini