Sukses

Indonesia Berencana Manfaatkan KTT ke-42 ASEAN untuk Gelar R20 ASEAN, Upaya Cegah Perpecahan Antar Agama

Salah satu pertemuan pejabat senior atau Senior Officials' Meeting (SOM) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 menindaklanjuti usulan konferensi terkait agama di tingkat ASEAN atau R20 ASEAN.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Salah satu pertemuan pejabat senior atau Senior Officials' Meeting (SOM) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 menindaklanjuti usulan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Perihal konferensi terkait agama di tingkat ASEAN atau R20 ASEAN.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) pun kemudian turut menyampaikan gagasan memanfaatkan keketuaan Indonesia pada KTT ke-42 ASEAN untuk menyelenggarakan R20 ASEAN dalam pertemuan pejabat senior, terutama terkait rencana Indonesia dalam menyelenggarakan Conference on ASEAN Shared Civilizational Values.

"Intinya dari NU (Nahdlatul Ulama) memiliki gagasan bahwa Asia Tenggara memiliki shared civilizational values, yang menjadikan ASEAN menjadi satu kawasan yang bisa terus damai, walaupun adanya berbagai peradaban dan agama," ungkap Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Reza Suryodipuro dalam press briefing, Senin 8 Mei 2023. 

Gagasan tersebut, ujar Sidharto, diharapkan dapat dikembangkan oleh negara-negara di Asia Tenggara yang bisa mencegah terjadinya perpecahan antaragama. 

"Ini ada dibahas dan bagaimana ini akan dikembangkan di antara negara-negara Asia Tenggara dan sebagai bagian untuk meng-counter berbagai agenda lainnya yang mungkin membawa benih-benih perpecahan," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Momen KTT ke-24 ASEAN

Sebelumnya, Pembahasan ini dilakukan setelah pertemuan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, 24 Maret lalu. Dalam pertemuan tersebut, PBNU berinisiatif memanfaatkan keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN untuk menyelenggarakan R20 ASEAN.

"Karena di Jakarta ini nanti waktunya berdekatan dengan forum ASEAN, tadi kami mohon izin kepada Bapak Presiden untuk ikut memanfaatkan leverage ASEAN ini dengan menamai kegiatan kami R20 ASEAN. Memang ini agak unik, R20 inisiasinya dulu dari G20, tapi sekarang kita selenggarakan dalam frame ASEAN, Bapak Presiden setuju," kata Yahya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.