Sukses

Jepang Selenggarakan Kontes Manga Internasional ke-17, Ini Syaratnya

Sebagai bagian dari pemanfaatan budaya pop dalam diplomasi publik, pemerintah Jepang, melalui Kedutaan Jepang di Indonesia menyelenggarakan Kontes Manga Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bagian dari pemanfaatan budaya pop dalam diplomasi publik, pemerintah Jepang, melalui Kedutaan Jepang di Indonesia, memutuskan untuk menyelenggarakan Kontes Manga Internasional. 

Kontes Manga International ini mengusung tema "The 17th Japan International MANGA Award", dan pendaftarannya telah dibuka 14 April sampai dengan 17 Juni 2023.

Melalui keterangan tertulisnya yang dikutip Rabu (19/4/2023), adanya kontes ini dimaksudkan sebagai penghormatan kepada para seniman manga yang berkontribusi dalam promosi manga di luar Jepang.

Pada Kontes Manga Internasional ini ada 3 kategori dalam pemenang perhargaan, pertama "The Golden Award" akan diberikan kepada satu karya manga terbaik, "The Silver Award" diberikan kepada tiga karya unggulan, serta beberapa karya lainnya akan diberikan "The Bronze Award". 

Tak hanya itu saja, beberapa karya lainnya mungkin akan mendapatkan penghargaan khusus dari dewan juri. Sebagai hadiah tambahan pemenang "The Golden Award" dan "The Silver Award", akan diundang untuk menghadiri upacara penghargaan dan rangkaian acara lainnya di Jepang selama kurang lebih tujuh hari. 

Untuk mengikuti Kontes Manga Internasional ke-17 ini, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh calon pendaftar ,berikut ini di antaranya: 

  • Karya manga yang memenuhi syarat terdiri lebih dari 16 halaman
  • Peserta boleh mendaftarkan karya yang pernah diterbitkan atau belum pernah diterbitkan. Pemenang Kontes Manga Internasional sebelumnya diperbolehkan mendaftar kembali, syaratnya tidak mendaftarkan karya yang telah dimenangkan sebelumnya.
  • Karya manga yang memenuhi syarat harus diproduksi dalam tiga tahun terakhir (2020-2023) sejak tanggal pendaftaran.
  • Karya manga yang memenuhi syarat harus diserahkan dalam bentuk elektronik (PDF) atau bentuk cetak (Karya yang dikirimkan dalam bentuk elektronik akan dicetak untuk prosedur seleksi).
  • Perusahaan penerbitan di luar Jepang dapat mendaftar jika pemegang hak cipta karya manga mengizinkan pendaftaran.
  • Baik komikus atau penulis cerita dari karya yang dikirimkan harus warga negara asing (bukan warga negara Jepang). Apabila dinyatakan menang, maka perwakilan yang akan menghadiri penyerahan penghargaan Gold/Silver Award juga harus berkewarganegaraan asing
  • Hanya satu karya yang dapat diterima per satu komikus. Jika pendaftar melakukan beberapa entri, maka hanya entri pertama yang akan diterima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosedur Pendaftaran Bagi Peserta yang Ada di Indonesia

1. Periode Pendaftaran: 14 April - 7 Juli 2023 (pendaftaran harus diterima paling lambat tanggal 7 Juli 2023)

2. Pendaftar harus melampirkan ke dua dokumen ini saat mendaftar, pertama mengisi form pendaftaran, pendaftaran Kontes Manga Internasional tahun ini dilakukan secara daring. Melalui link berikut ini: https://forms.office.com/r/aYHsXJ9nr4 

Kedua, karya manga yang diterima adalah salah satu dari tiga bentuk yang tertera sebagai berikut: Dua salinan dari karya cetak, atau satu salinan dalam bentuk elektronik (PDF), atau juga satu salinan karya cetak dan satu salinan dalam bentuk elektronik (PDF). 

Selain itu, tidak ada perbedaan penilaian dari pilihan bentuk pengumpulan apapun, yang tertera di atas. 

3. Pengiriman hasil karya bagi peserta yang akan mengirimkan hasil karyanya dalam bentuk hardcopy, maka bisa dikirimkan melalui alamat Kedutaan Besar Jepang di Indonesia (Bagian Kebudayaan) Jl.M.H. Thamrin 24, Jakarta Pusat 10350. Selain itu peserta juga melampirkan 1 copy dari salinan entry form yang dikirim ke alamat email peserta, setelah melengkapi pendaftaran secara daring.

 

3 dari 4 halaman

Prosedur Pendaftaran Bagi Peserta yang Ada di Jepang

Untuk prosedur pendaftaran bagi peserta yang ada di Jepang, maka harus melampirkan file-file sebagai berikut

Bagi peserta yang tinggal di Jepang dan akan mengirimkan hasil karyanya dalam bentuk hardcopy, maka karyanya harus dikirimkan ke alamat ini Attn: PIC of "The 17th Japan International MANGA Award" Cultural Affairs and Overseas Public Relations Division, Director General for Cultural Affairs, Minister’s Secretariat Ministry of Foreign Affairs in Japan 2-2-1 Kasumigaseki, Chiyoda-ku, Tokyo 100-8919.

Selain itu juga diharapkan melampirkan satu copy dari salinan cetak entry form yang dikirim ke alamat email masing-masing peserta, setelah melengkapi pendaftaran secara daring. 

Selain itu, pemerintah Jepang, melarang peserta dari Indonesia maupun Jepang mengantarkan langsung hasil karyanya ke lokasi yang sudah ada di atas. 

Dan bagi peserta yang akan mengirimkan hasil karya dalam bentuk softcopy (PDF), link folder drive atau cloud akan dikirim ke alamat email peserta yang sudah didaftarkan.

4 dari 4 halaman

Catatan untuk Para Peserta Kontes Manga International

  • Entry Form (Formulir Aplikasi) harap diisi dalam bahasa Inggris/Jepang
  • Dengan menyelesaikan pendaftaran pada entry form, peserta dianggap telah menyetujui semua perjanjian yang tercantum di dalamnya.
  • Setelah mengisi entry form, salinan entry form akan dikirim ke alamat email yang didaftarkan. Jika anda mengirimkan karya manga dalam bentuk fisik, harap lampirkan salinan cetak entry form tersebut bersamaan dengan karya manga anda.
  • Karya manga yang dikumpulkan boleh menggunakan bahasa Indonesia/Inggris/Jepang.
  • Harap lampirkan nomor halaman pada setiap lembar karya yang dikumpulkan. Ukuran maksimal karya adalah A4 untuk 1 halaman.
  • Karya manga yang dikirimkan secara digital akan dicetak dan diperbanyak oleh komite untuk keperluan seleksi. Harap pastikan hasil karya anda dapat dicetak dengan baik pada kertas berukuran A4 (mis. panel tidak terpotong dsb).
  • Hasil karya yang dikumpulkan tidak akan dikembalikan. Jika karya tersebut belum diterbitkan, disarankan untuk menyerahkan salinan duplikat dari karya tersebut dan menyimpan aslinya. Karya yang dikirimkan mungkin akan disumbangkan atau dipamerkan.
  • Bagi peserta yang akan mengirimkan hasil karya dalam bentuk softcopy, harap kirimkan hasil karya dalam bentuk PDF (tidak menerima dalam bentuk yang lain).
  • Panduan untuk pendaftaran silakan pelajari di artikel ini 
  • Harap beri nama file Karya Manga (PDF) dengan nama depan dan nama belakang komikus. (Contoh: "TaroGaimu.pdf")

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini